innovators-dilemmaKalau mendengar kata ‘INOVASI’, apa yang ada dipikiran Anda? Gadget canggih. Teknologi hijau. Perusahaan besar. Anda nggak salah, tapi juga nggak sepenuhnya benar. Inovasi tidak harus sekompleks itu. Inovasi itu adalah bagian dari realitas kehidupan Anda. Kalau Anda ingin menjalani hidup hari ini selalu lebih baik dari kemarin, maka Anda harus berinovasi. Tidak ada pilihan lain.

Apa sih Inovasi itu? Inovasi berasal dari bahasa Latin “innovatus” atau “innovare” yang berarti “memperbaharui atau mengubah”. Inovasi adalah bentuk penciptaan produk, jasa, atau proses yang lebih baik dan  di adopsi oleh masyarakat karena memberikan nilai tambah.

Inovasi beda dengan invention (penemuan) karena tidak semua penemuan berhasil diadopsi masyarakat dan beri nilai tambah. Inovasi memerlukan kreativitas sebagai bahan bakar dan masalah sebagai pemicunya. Ketika keduanya bertemu lahirlah inovasi.

Scott Anthony, seorang konsultan inovasi dari innosight mengatakan bahwa inovasi itu tentang menyelesaikan masalah lama dengan cara yang baru. Dulu yang namanya bekerja sebagai karyawan itu harus selalu ‘ngantor’. Dulu yang namanya jualan itu harus keluar rumah dan ‘jalan-jalan’ Sampai akhirnya ada orang yang melakukannya dengan cara berbeda, dan berhasil. Akhirnya semua mengadopsi. Itulah inovasi.

Jadi bagaimana Anda jalani hidup Anda saat ini? Apakah Anda hadapi setiap masalah dengan cara yang selalu sama? Bagaimana Anda jalani pekerjaan dan karir Anda? Apakah selalu dengan cara yang sama seperti sebelumnya? Bagaimana Anda jalani bisnis Anda saat ini? Apakah masih dengan cara yang sama seperti setahun yang lalu?

Ingat bahwa Einsten mendefinisikan orang gila sebagai orang yang melakukan hal yang sama berulang-ulang, namun berharap akan mendapatkan hasil yang berbeda. Jadi kalau Anda ingin punya kehidupan yang lebih baik, karir yang lebih maju, bisnis yang semakin berkembang, namun masih terus menjalankannya dengan cara yang sama… berarti Anda orang…. GILA.

  Zona Nyaman: Baik Atau Burukkah Bagi Karyawan?

Jadi, tidak ada pilihan lain bukan? Yuk Inovasi!

Keep Sharing & Inspire Your Lovable Friends