Wajib Gagal

Oleh Jamil Azzaini, Direktur Kubik Group

Ada yang konsultasi kepada saya “pak saya ingin karirnya melesat dan untuk itu saya harus berani menggarap proyek-proyek yang menantang tetapi saya tidak siap menghadapi kegagalan, bagaimana pak?”. Banyak orang mengira kegagalan adalah sebuah aib, padahal kegagalan adalah salah satu proses kehidupan. Siapapun yang ingin sukses harus pernah gagal.

Saatnya orang-orang yang takut kepada kegagalan perlu mengubah persepsinya terhadap kegagalan. Ketahuilah bahwa kegagalan itu manusiawi dan tidak dapat dihindarkan. Jika Anda manusia, Anda pasti akan membuat kekeliruan-kekeliruan yang identik dengan kegagalan.

Persepsi bahwa kegagalan adalah musuh, harus Anda buang jauh-jauh dari pikiran dan hati Anda. Sesungguhnya dibutuhkan kegagalan untuk menciptakan kesuksesan. Bahkan para ahli menyakini bahwa “orang yang tidak pernah membuat kekeliruan akan dikendalikan atau diperintah oleh orang yang pernah membuat kekeliruan.” Amatilah orang-orang yang sukses tidak melihat kekeliruan dan kegagalan sebagai musuh.

Persepsi bahwa kegagalan itu memalukan juga harus Anda buang. Kegagalan bukanlah sesuatu yang permanen. Ia adalah salah satu proses atau langkah yang harus Anda lalui untuk menuju kesuksesan hidup.

Karena kegagalan sesuatu yang tidak bisa dihindarkan, maka bila Anda ingin sukses Anda wajib gagal.  Mengapa? Karena jika kegagalan tidak pernah Anda alami maka Anda tidak akan pernah merasakan kesuksesan. Tugas kita melakukan yang terbaik, bila ternyata gagal atau berhasil nikmati saja. Kegagalan sama baiknya dengan kesuksesan dalam proses kehidupan yang kita jalani.

So, siapapun yang ingin karirnya melesat buanglah perasaan takut gagal. Orang-orang yang kini duduk manis menjadi pemimpin di berbagai perusahaan pasti pernah mengalami kegagalan. Jangan pernah kita menjadi orang yang berkata “orang itu dulu sering gagal koq sekarang jadi pimpinan, pasti ada sesuatu nich.” Perlu saya beri tahu “sesuatu yang Anda maksud adalah keberanian orang itu menaklukan perasaan dan pikiran takut gagal.”

  Telkomsel Spirituality @Work Area 2 Jabodetabek

 

Informasi training, coaching dan consulting: hubungi 021-29-400-100 atau 082-111-999-022

Subscribe Video Motivasi Jamil Azzaini di Youtube Channel Kubik Training

Keep Sharing & Inspire Your Lovable Friends