Pada tanggal 27-28 Oktober 2014 yang lalu, Kubik menyelenggarakan Coaching Training kepada para eselon 3 Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN), Kementrian Keuangan dengan tema “Leader As A Coach” di Hotel Aston Bogor. Para eselon 3 (kepala kantor wilayah) ini membawahi 7 kepala seksi dan sekitar 20-30 staff lainnya. Peserta yang berasal dari berbagai daerah di seluruh Indonesia ini bersemangat mengikuti training meskipun sudah berusia di atas 40 tahun bahkan ada yang berusia di atas 50 tahun.

Acara dibuka langsung oleh Direktur Jenderal Kekayaan Negara, Bapak Hadiyanto. Ia menyambut positif program peningkatan kompetensi ini, karena merupakan sarana untuk mempelajari dan memahami prinsip dan teknik memberikan feedback dengan baik, kemudian mengaplikasikannya saat memberikan assessment kepada bawahan.

 

image(1)

Seorang coach yang baik akan membantu kliennya (dalam hal ini bawahan) untuk menemukan solusi dari permasalahannya dan membuat mereka bertanggung jawab terhadap keputusan yang mereka ambil. Pada salah satu sesi, peserta diminta berpasang-pasangan untuk melakukan praktik coaching. Masing-masing pasangan lalu diminta untuk menceritakan hal berikut: apa yang ingin Anda capai dalam 1 tahun ke depan, kenapa hal itu penting dilakukan, sejak kapan Anda menginginkannya dan apa yang sudah Anda lakukan untuk mewujudkannya.

image

Suasana training berlangsung seru apalagi praktik coaching juga bisa dilakukan untuk pasangan hidupnya. Hal itu bisa saja dilakukan namun lebih baik dihindari agar tidak terjadi conflict of interest. Yang perlu dilakukan dengan pasangan adalah menciptakan suasana yang kondusif, komunikasi yang efektif dan saling positive thinking satu sama lain.

Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta kini menjadi lebih mampu memposisikan dirinya sebagai leader, yang juga memiliki concern dalam perkembangan anak buah. Peserta juga mengetahui kapan saatnya mereka menjalankan peran sebagai coach, mentor ataupun konselor serta mengetahui kemampuan atau teknik dasar yang dibutuhkan dalam menjalankan peran tersebut.

  Training Combad Integrity di PT. Rekayasa Industri

 

Info training: follow @kubiktraining_ dan like Kubik Training

 

Keep Sharing & Inspire Your Lovable Friends