Training For Trainer

Training For Trainer membantu Anda menguasai berbagai keahlian yang dibutuhkan untuk menjadi trainer handal dan profesional.

Menjadi seorang trainer bukanlah perkara mudah. Ia harus mendesain materi presentasi yang menarik dan sudah dia kuasai dengan baik. Selain itu, dia juga harus bisa menyajikan materi presentasi tersebut dengan teknik yang benar agar audience dapat menangkap pesan yang dia sampaikan.

Training for trainer merupakan pelatihan bagi para trainer yang ingin menciptakan masterpiece mereka dan menyampaikannya kepada khalayak luas. Namun untuk menjadi trainer handal tidak cukup sampai di situ. Ada 5 prinsip utama yang harus dikuasai agar seseorang dapat menjadi trainer handal dan profesional :

1. Trainer bukan hanya pemateri tapi seorang role model

Katakan apa yang kau lakukan dan lakukan apa yang kau katakan. Kredibilitas seorang trainer bukan diukur dari caranya menyampaikan materi, namun dari kemampuannya untuk membuktikan apa yang disampaikannya melalui contoh nyata.

2. Trainer yang baik menjadikan peserta sebagai bintang utama

Ukuran keberhasilan trainer bukan dari pujian dan tepuk tangan yang datang padanya, namun dari perubahan positif yang terjadi pada diri peserta setelah mengikuti pelatihan. Training for trainer akan mengajarkan bahwa impact adalah yang utama, bahkan di atas segalanya.

3. Kemampuan trainer yang baik adalah MENGELOLA audience dan MENGUASAI proses, bukan sebaliknya.

Audience adalah manusia dengan karakterisik yang berbeda-beda. Trainer yang baik seharusnya tahu bagaimana mengelola karakter yang berbeda tersebut agar mereka tetap merasa nyaman. Hal seperti ini juga bisa dipelajari dalam training for trainer.

4. Tidak ada audience yang sulit, yang ada hanyalah trainer yang tidak fleksibel.

Seringkali trainer menyalahkan kondisi audience yang tidak kondusif. Padahal reaksi audience ditentukan dari fleksibilitas trainer dalam kelas. Jika trainer kurang adaptif dan fleksibel, jangan heran apabila reaksi audience tidak sesuai harapan. Teknik untuk menghadapi situasi seperti ini diberikan pula dalam materi training for trainer.

  Cara Membangun Budaya Inovasi Melalui Gamification

5. Training ditujukan untuk membuat audience MAU, TAHU dan MAMPU.

Profesi trainer sebaiknya bukan hanya untuk transfer knowledge dan membuat audience menjadi paham saja, namun mereka juga ikut merasa termotivasi dan memiliki keinginan yang kuat untuk bertindak dan melakukan perubahan.

Trainer bukanlah dewa yang bisa mengubah perilaku seseorang dalam sekejap. Namun kelima prinsip tadi setidaknya dapat menjadi panduan dalam memberikan hasil yang maksimal kepada audience yang mengikuti training Anda.

Kelima prinsip tadi juga masuk dalam materi Training For Trainer yang harus Anda ikuti jika ingin menjadi seorang trainer handal dan professional. Untuk mengetahui info lebih lanjut mengenai Training For Trainer yang diselenggarakan Kubik, silahkan hubungi Mona di 0816-1615316 atau telepon ke 021-29400100.

Salam SuksesMulia!

 

Informasi training:  follow @kubiktraining_ dan like Kubik Training

Subscribe Video Motivasi Jamil Azzaini di Youtube Channel Kubik Training

Keep Sharing & Inspire Your Lovable Friends