Coaching memiliki peranan penting dalam sebuah perusahaan, terlebih dalam hal meningkatkan produktivitas karyawan. Begitu besarnya peranan coaching dalam pengembangan kinerja organisasi sehingga saat ini para pemimpin dituntut untuk dapat menjadi coach bagi bawahannya. Namun, pemimpin belum dapat dikatakan menjadi coach yang baik apabila ia tidak memiliki kemampuan di bidang seni dalam bertanya (Powerful Questions). Mengajukan Powerful Questions bukanlah hal yang mudah. Seorang pemimpin harus bisa mengajukan pertanyaan terbuka (open ended) yang tidak menghakimi dan tidak mendikte, seperti misalnya, “Pembelajaran apa yang Anda temukan?” atau “Apa yang Anda maksud dengan gagal terus?” atau “Dukungan apa yang Anda perlukan untuk menyelesaikan proyek ini?”, dan lain sebagainya.

Produktivitas Kerja

Beberapa hal yang perlu menjadi catatan bagi seorang coach adalah, sebaiknya hindari pertanyaan yang mengarahkan bawahan Anda pada jawaban, biarkan ia menemukan jawaban untuk dirinya sendiri. Kemudian, berhentilah sejenak sebelum dan sesudah mengajukan pertanyaan untuk mencatat kata kunci yang Anda dengar. Lebih baik jangan terburu-buru masuk ke ranah tindakan dan mengikuti agenda pertanyaan. Biarkan sejenak bawahan Anda untuk berpikir kreatif agar dapat mengembangkan solusi-solusi potensial bagi masalah yang dihadapinya. Coach hanya bertugas mendampingi agar bawahannya menjadi mahir dan handal.

Pelatihan kepemimpinan

Para manajer Telkomsel di area PAMASUKA berjumlah 28 orang yang mengikuti Performance Coaching Training di Learning Center Telkom pada 16-17 Maret yang lalu juga mempelajari hal yang sama. Seringkali peserta mengajukan berbagai pertanyaan di sela-sela trainer menjelaskan materi, karena mereka memiliki rasa ingin tahu yang besar perihal coaching terutama yang berhubungan dengan seni dalam bertanya. “Pelatihan ini sangat membantu dan memudahkan saya dalam melakukan coaching. Semoga setelah mengikuti pelatihan ini, saya bisa mencetak leader-leader baru di Telkomsel,” ujar Malikun, Manager Network Service Parepare. Jika Anda berminat mengikuti pelatihan kepemimpinan dari Kubik Training, silahkan menghubungi Mona di 0816-1615316 atau telepon ke 021-29400100. Salam SuksesMulia!

  Pelatihan Leadership di PT Artajasa Pembayaran Elektronis

 

Info training: follow @kubiktraining_ dan like Kubik Training

Keep Sharing & Inspire Your Lovable Friends