Apa yang harus dilakukan seseorang agar atasan, rekan kerja maupun bawahan mereka mau bekerjasama dengan baik? Apakah mereka harus berkata dengan suara keras, memberikan sesuatu sebagai imbalan, atau mereka harus melakukan pendekatan yang lain? Ini pulalah yang menjadi materi pembahasan dalam training Pama FRIEND Program for Great Leader (GL) Operation, yang berlangsung selama 3 batch, dari tanggal 4-12 Februari 2015 di Site Indo Bontang Pamapersada Nusantara, Kalimantan Timur. Tujuan diadakannya pelatihan kepemimpinan ini adalah agar peserta memiliki kemampuan untuk memimpin operator dengan baik. Hal ini akan bermanfaat pada peningkatan produktivitas kerja para GL dan operator.

Team building, pengembangan sumber daya manusia, leadership training, corporate culture, pelatihan kepemimpinan, seminar motivasi, managerial skill, pelatihan dan pengembangan, pelatihan karyawan

Pada satu sesi pelatihan, para peserta ditantang untuk melakukan pendekatan kepada operator agar apa yang disampaikan oleh GL mau langsung dipraktekkan oleh operator dengan sukarela tanpa dipaksa. Dalam hal ini, para GL diminta untuk menyampaikan value kepada para operator dan meminta tanda tangan sebagai bukti bahwa mereka sudah menyampaikan valuenya. Yang terjadi adalah mereka menggunakan otoritasnya sebagai atasan dengan cara memaksa para operator untuk tanda tangan walaupun mereka tidak bersedia.

Pada hari terakhir, para GL ditantang lagi untuk menemui operator yang ada di sekitar area training dan membuat mereka mau berkomitmen dalam meningkatkan standar keselamatan dan produksi. Tantangan ini dijalankan dengan buddy system, di mana setiap peserta jalan berpasangan dengan peserta lainnya. Saat salah satu peserta sedang mempersuasi, rekannya bertugas mengamati dan menyiapkan feedback. Namun, karena sudah diberikan materi Interpersonal dan Influencing others selama pelatihan, para GL kali ini melakukan pendekatan yang berbeda. Mereka tidak lagi memaksa namun lebih membangun kesetaraan, kedekatan, dan memberi bantuan, dengan terlebih dahulu membuat struktur pesan yang akan disampaikan. Hasilnya, mereka mampu mengajak operator untuk meningkatkan standar tanpa dipaksa.

  Kualitas Pemimpin Yang Berintegritas di PT Rekayasa Industri

 

Info training: follow @kubiktraining_ dan like Kubik Training

Keep Sharing & Inspire Your Lovable Friends