Apa yang menjadi reaksi Anda saat mendapat feedback baik itu yang sifatnya positif maupun negatif dari atasan? Ya, setiap orang yang berprofesi sebagai karyawan pasti pernah mengalaminya. Feedback adalah umpan balik yang diberikan oleh seseorang saat kita melakukan sesuatu hal. Jika Anda adalah seorang pemimpin di sebuah perusahaan, adakalanya Anda harus memberikan feedback kepada bawahan.

Namun, tidak semua feedback perlu Anda sampaikan. Ada dua jenis feedback yang paling penting untuk diinformasikan kepada bawahan, yaitu Positive Feedback atau menyampaikan hal-hal efektif yang sudah dilakukan dan Feedback For Improvement atau menyampaikan hal-hal yang memerlukan perbaikan.

Tidak hanya jenis informasi feedback saja yang perlu diperhatikan. Kapan Anda menyampaikannya kepada bawahan juga diperlukan timing yang tepat. Waktu yang paling baik untuk menyampaikan feedback adalah segera setelah kejadian tersebut berlangsung. Tidak perlu mengulang-ulang feedback yang sudah pernah disampaikan karena akan membuat bawahan menjadi hanya fokus pada hal tersebut.

image(9)Hal yang sama juga dipelajari oleh para peserta SuksesMulia Self Leadership Training dari Telkomsel di Hotel Sultan tanggal 13-15 Oktober 2014 yang lalu. Peserta berjumlah 25 orang dan didominasi oleh pria dengan rata-rata memiliki masa kerja yang cukup lama di Telkomsel. Tantangan yang dihadapi para peserta adalah mereka saat ini mengalami transisi menjadi leader dan harus mengatur bawahan yang tadinya rekan kerja atau yang usianya lebih tua.

Menurut salah seorang peserta, leadership training ini hebat, membuat ia menyadari visinya sebagai leader serta semakin jelas langkah apa yang harus ia lakukan selanjutnya untuk mencapai visinya tersebut. Testimoni lainnya menyatakan bahwa training kali ini cukup unik, karena biasanya di training-training yang pernah ia ikuti membuat ia bosan. Sedangkan di training ini, setiap masuk kelas selalu ada penyambutan dengan musik dan gerakan yang menyenangkan sehingga membuat peserta lebih bersemangat dan antusias.

  Mencari Makna dalam Bekerja di Telkomsel

 

Info training: follow @kubiktraining_ dan like Kubik Training

Keep Sharing & Inspire Your Lovable Friends