Temukan dan Kembangkan

Oleh Jamil Azzaini, CEO Kubik Leadership

Tak ada satupun manusia yang sidik jarinya sama. Itu pertanda bahwa manusia diciptakan spesial dan hanya satu-satunya. Dengan kata lain, setiap manusia pasti juga punya kelebihan dan keunikan yang tidak dimiliki oleh orang lain. Tugas manusia menemukan apa kelebihan dan keunikan yang telah diberikan Sang Pencipta.

Sayangnya, ada orang yang enggan menemukan kelebihan dan keunikannya hingga mereka meninggal dunia. Padahal, menjalani hidup tanpa memanfaatkan kelebihan dan keunikan adalah pertanda bahwa orang itu kurang bersyukur. Mengapa? Karena diberi kelebihan tetapi tidak dimanfaatkan.

Oleh karena itu, mencari dan menemukan kelebihan dan keunikan diri adalah hal yang seharusnya menjadi prioritas, terutama bagi orang yang sudah dewasa. Aktifitas ini merupakan aktifitas “wajib” yang tidak boleh disepelekan. Apabila Anda menyepelekan urusan ini kemungkinan besar hidup Anda akan sering disepelekan oleh orang lain.

Sebaliknya, orang yang mampu menemukan kelebihan dan keunikan diri kemudian mengasah dan memanfaatkannya merekalah orang-orang yang terhormat. Hidupnya semakin tua semakin nikmat. Berbagai kemudahan mendekat kepadanya. Kebahagian silih berganti singgah dalam kehidupannya.

Seorang leader yang tahu kelebihannya dan fokus menggunakan kelebihan itu berpeluang besar berhasil memimpin dan menggerakkan tim. Dan untuk menemukan kelebihan dan kemudian mengasahnya memang bukan pekerjaan mudah. Saya bisa menemukannya setelah saya bertemu dan berdiskusi dengan seorang coach, Farid Poniman.

Para olahragawan kelas dunia pasti juga memiliki seorang coach. Bila dalam kehidupan keluarga ada pepatah “di balik lelaki hebat pasti ada wanita hebat yaitu ibu dan istrinya.” Begitu pula dalam dunia bisnis “di balik leader yang hebat pasti ada coach yang memberdayakan.”

Segeralah temukan kelebihan dan keunikan Anda. Dan bagi Anda yang mengatakan “saya tidak punya kelebihan dan keunikan apapun” maka saya katakan kepada Anda bahwa Anda sesungguhnya telah menghina Allah yang telah menciptakan Anda begitu sempurna, spesial dan hanya satu-satunya. Tidak ada manusia yang sama persis dengan Anda.

  Mau Impian Anda Terwujud? Tulis dan Ceritakanlah!

Kita diciptakan bukan untuk menghina Tuhan Sang Pencipta. Kita diciptakan untuk memaksimalkan dan mengoptimalkan kelebihan dan keunikan yang telah Dia berikan kepada kita. Temukanlah dan kemudian asahlah.

 

Informasi training, coaching dan consulting: hubungi 021-29-400-100 atau 082-111-999-022

Subscribe Video Motivasi Jamil Azzaini di Youtube Channel Kubik Training


Keep Sharing & Inspire Your Lovable Friends