1fcca7b

Super leader adalah seorang pemimpin hebat, yang biasanya menjadi sosok yang sangat diandalkan dalam organisasi karena memiliki gagasan-gagasan yang cemerlang. Super Leader biasanya merupakan orang yang sangat capable di bidangnya dan memiliki kemampuan mengarahkan orang lain dengan sangat baik. Tetapi, organisasi atau perusahaan di era yang sangat dinamis seperti ini tidak cukup jika hanya memiliki super leader. Ini karena mereka dituntut untuk bukan sekedar memiliki pemimpin yang hebat, namun juga mampu memberdayakan kemampuan seluruh anggota tim dengan sama baik.

Analoginya seperti sebuah kereta api. Zaman dulu kereta api ditarik oleh lokomotif dan gerbong hanya tinggal mengikuti. Ternyata desain kereta api seperti itu tidak pernah bisa mencapai kecepatan yang diinginkan. Di era kereta api super modern, dimana kecepatannya bisa menembus lebih dari 300 km/jam, kita bisa melihat bahwa ternyata kuncinya bukan dari kekuatan lokomotifnya, tapi bagaimana kita bisa menciptakan penggerak pada masing-masing gerbongnya. Di organisasi juga demikian, super leader ibarat lokomotif yang sangat hebat, namun jika gerbongnya tidak mampu bergerak sendiri, super leader jadi seperti bekerja sendirian. Pendekatan yang lebih baik adalah bagaimana supaya setiap gerbong tadi bergerak sehingga pemimpin hanya tinggal berperan sebagai orang yang menentukan arah dan menciptakan keseimbangan bagi timnya.

Inilah pendekatan yang biasanya Kubik lakukan dalam berbagai pelatihan kepemimpinan. Kami menciptakan kesadaran bahwa seorang pemimpin yang hebat belum tentu adalah pemimpin yang baik. Dan itu terbukti efektif untuk mengubah sebuah organisasi yang dituntut untuk adaptif, fleksibel dan mampu bergerak cepat. Ada sebuah ungkapan ketika Michael Jackson meninggal yang berbunyi “Mega star is dead, now everybody can be a star.” Sekarang bukan lagi zamannya orang menjadi bintang sendirian, tapi inilah saatnya dimana semua orang bisa menjadi bintang.

  3 Prinsip + 3 Langkah Personal Mastery

*Diintisarikan dari wawancara dengan salah seorang expert trainer Kubik, Fauzi Rachmanto

 

Info training: follow @kubiktraining_ dan like Kubik Training

Keep Sharing & Inspire Your Lovable Friends