Super Leader Is Dead, Welcome Empowering Leader

Oleh Atok R Aryanto, COO Kubik Group

Di beberapa era sebelumnya banyak dicari pemimpin yang bisa melakukan semua hal, mulai dari merancang sebuah strategi hingga mengontrol action, pemimpin yang merumuskan agenda besar perusahaan hingga memilih warna cat kantor. Pemimpin tipe ini bisa jadi adalah gambaran ideal Anda sebagai pemimpin yang hebat, super dan canggih.

Tapi kini, jaman berubah. Sebab, memilih menjadi pemimpin super dalam situasi VUCA justru beresiko menghambat pertumbuhan perusahaan Anda, tim dan bahkan menciptakan neraka bagi diri Anda sendiri.

Trend industri dan organisasi saat ini berubah dengan sangat cepat. Implikasinya, tim diharapkan dapat mengambil inisiatif, membuat keputusan dengan cepat, dan dapat diandalkan. Untuk itu penting bagi pemimpin untuk mengganti pola pikir mereka dari ‘leader creates follower’ menjadi ‘leader create leader’.

Dengan model pemimpin super, pemimpin akan disibukkan dengan masalah eksekusi di lapangan dan kehilangan waktu memikirkan hal hal yang lebih strategis. Di sisi lain, tim menjadi amat bergantung pada pemimpinnya untuk memberikan arahan dan solusi. Posisi tim menjadi tidak setara dan cenderung kurang memiliki inisiatif serta tanggung jawab.

Jika tim mampu bergerak mandiri, pemimpin bisa mengoptimalkan waktunya untuk fokus merencanakan strategi perusahaan jangka panjang, ketimbang harus tersandera menyelesaikan masalah sehari-hari.

Saat ini hasrat para karyawan untuk dianggap lebih kreatif sebagai individu cenderung semakin meningkat. Mereka ingin bisa mengambil keputusan dan memiliki kewenangan semakin besar. Begitu seorang pemimpin memberi ruang yang lebih luas bagi timnya, justru lahir terobosan baru bagi perusahaan karena komitmen dan rasa memiliki karyawan atas perusahaan malah meningkat.

Ciptakan ruang itu, dan Anda akan mendapati karyawan Anda sebenarnya adalah orang-orang yang sangat potensial. Cobalah.

  Super Leader, Not A Good Leader

 

Informasi training, coaching dan consulting: hubungi 021-29-400-100 atau 082-111-999-022

Subscribe Video Motivasi Jamil Azzaini di Youtube Channel Kubik Training

Keep Sharing & Inspire Your Lovable Friends