Strategi Menyusun Anggaran Perusahaan Agar Tepat Sasaran

Memasuki kuartal pertama di tahun 2016 ini, perusahaan mulai kembali menyiapkan amunisinya dengan rencana budgeting mereka selama setahun ke depan.

Dengan menggunakan tolak ukur laporan keuangan beberapa tahun sebelumnya, mereka kini lebih matang dalam merencanakan strategi yang dituangkan dalam bentuk budget. Budgeting inilah yang nantinya akan menjadi pedoman kerja mereka 1 tahun mendatang.

Setiap divisi di dalam perusahaan bisa mengajukan rencana kegiatan dan anggaran biaya masing-masing untuk dilakukan pencatatan yang sistematis dan teratur. Nantinya, dari catatan ini akan diketahui apakah divisi tersebut telah melaksanakan proses kerja secara efektif dan efisien.

Baca juga: Strategi Mencapai Target di Awal Tahun

Namun meskipun rencana anggaran sudah diawasi sedemikian rupa, terkadang masih saja ditemukan unefisiensi dari nilai budget yang sudah ditentukan. Ketidaksesuaian ini perlu dianalisa penyebabnya agar pihak manajemen dapat melakukan tindakan perbaikan.

Budgeting tidak hanya soal anggaran. Perusahaan juga perlu memperhatikan kualitas sumber daya manusia di dalamnya. Semakin unggul sumber daya yang dimiliki, maka semakin efisien biaya yang dikeluarkan. Untuk itu, perusahaan hendaknya lebih banyak berinvestasi dalam hal pengembangan sumber daya manusia.

Seperti salah satu klien Kubik, yaitu Holcim, yang melakukan serangkaian pelatihan dengan menekankan aspek mindset and behaviour pada karyawannya. Setelah menjalani pelatihan tersebut, karyawan Holcim dalam waktu 2 tahun berhasil menyumbangkan keuntungan bagi perusahaan berupa cost-saving sebesar 40 Milyar rupiah, atau 20 kali lipat dari investasi yang ditanam. Sungguh luar biasa bukan?

Jika perusahaan Anda juga ingin merasakan impact yang nyata melalui pelatihan bersama Kubik Training, bisa menghubungi kami di nomor berikut ini : 0816-1615316 atau 021-29400100.

Salam SuksesMulia!

 

Informasi training:  follow @kubiktraining_ dan like Kubik Training

  Strategi Mengelola Perbedaan Generasi Untuk Mendongkrak Performa Tim

Subscribe Video Motivasi Jamil Azzaini di Youtube Channel Kubik Training

Keep Sharing & Inspire Your Lovable Friends