Team building, pengembangan sumber daya manusia, leadership training, corporate culture, pelatihan kepemimpinan, seminar motivasi, managerial skill, pelatihan dan pengembangan, pelatihan karyawan

Untuk mencapai tujuan dengan hasil yang lebih baik terkadang seseorang dituntut untuk melakukan perubahan, baik itu dalam skala besar maupun kecil, tak terkecuali sebuah organisasi atau perusahaan. Namun, terkadang pula banyak yang tidak mau menerima perubahan tersebut karena mereka sudah merasa nyaman berada di posisinya saat ini. Disinilah peran seorang pemimpin untuk memfasilitasi perubahan yang sewaktu-waktu perlu dilakukan. Lantas, bagaimana strategi untuk melakukannya?

Pertama, seorang pemimpin tidak boleh alergi dengan perubahan. Karena banyak sekali pemimpin yang cenderung pada status quo atau percaya pada suatu hal yang sudah berjalan, percaya bahwa apa yang dia lakukan selama ini sudah benar, sehingga ia takut dengan perubahan. Jadi, hal yang harus dilakukan pertama kali adalah menciptakan suasana tim yang tidak takut terhadap perubahan. Setelah itu baru kita bisa menyampaikan hal-hal yang perlu diubah kepada tim. Jika suasana tim seperti ini belum muncul, maka biasanya organisasi tersebut juga tidak bersedia untuk berubah.

Selanjutnya ada 3 langkah yang perlu dilakukan pemimpin selama proses memfasilitasi perubahan. Langkah pertama adalah menemukan ketidakpuasan seperti apa yang menyebabkan mereka ingin berubah. Setelah itu, para pemimpin harus bisa menunjukkan ke arah mana perubahan tersebut akan menuju. Karena jika seseorang tidak tahu perubahan yang ia lakukan akan menuju ke arah mana, visi perubahannya tidak jelas, dan pemimpin tidak mampu menggambarkan tujuan akhir dari perubahan itu, maka mereka juga akan enggan berubah. Terakhir, pemimpin harus mampu menunjukkan langkah pertama apa yang bisa dilakukan supaya perubahan tersebut bisa menjadi sesuatu yang konkret dan mudah dilakukan. Dengan 3 langkah tadi, diharapkan seluruh anggota tim telah siap melakukan perubahan demi mencapai tujuan bersama yang lebih baik.

  Leadership Skill, Kunci Sukses Pemimpin

*Diintisarikan dari wawancara dengan salah seorang expert trainer Kubik, Fauzi Rachmanto

 

Info training: follow @kubiktraining_ dan like Kubik Training

Keep Sharing & Inspire Your Lovable Friends