Strategi Mengelola Perbedaan Generasi Untuk Mendongkrak Performa Tim

 

Kubik Leadership / Innovate For Impact

Salah satu tantangan terbesar sebuah organisasi adalah mengelola SDM, karna pertumbuhan dan percepatan organisasi sangat ditentukan dari performance dan kontribusi setiap anggota dalam organisasi tersebut.

Salah satu tantangan dalam mengelola organisasi yang sering mencuat di era ini adalah bagaimana mengelola team yang berasal dari golongan atau generasi yang berbeda. Bahkan banyak perusahaan masih mempekerjakan karyawan dengan range usia yang sangat jauh, yaitu dari usia 18 tahun hingga 55 tahun dan mereka berada di dalam team yang sama.

Berbagai masalah pun mulai muncul. Mulai dari cara berpikir yang berbeda, pola komunikasi yang sering tidak nyambung dan pola kerja yang tidak selaras.

Hal ini mengakibatkan secara performa team secara keseluruhan pun akan buruk, karena di dalam team dibutuhkan kerjasama yang solid untuk mencapai tujuan bersama.

Sayangnya banyak organisasi yang menerapkan pengelolaan yang berbasis pada “pola pemadam kebakaran” dimana fokusnya pada trouble shooting atau yang biasa disebut memadamkan masalah yang timbul.

Tidak ada yang salah dengan “pola pemadam kebakaran”. Hanya saja, pola ini lebih bersifat kuratif, alias tindakan-tindakan yang dilakukan adalah bentuk reaksi dari masalah yang muncul saja.

Dalam jangka pendek, hal ini mungkin saja efektif. Namun dalam jangka panjang, tentu saja akan banyak sekali “stupid cost” dan “learning cost” yang akan dikeluarkan oleh perusahaan untuk mensiasati masalah yang muncul. Dan tentu saja, biaya yang dikeluarkan tersebut tidak menyasar pada masalah utama, hanya memadamkan gejala saja.

Untuk itu, perusahaan perlu berpikir lebih strategis dan berfokus pada solution oriented. Tidak lagi menggunakan pendekatan kuratif, namun program dan kebijakan yang bersifat preventif sehingga masalah masalah yang berkaitan dengan gap antar generasi bisa diminimalkan sehingga perusahaan justru mampu menjadikan perbedaan ini menjadi kekuatan yang memiliki nilai tambah untuk mendongkrak performa team.

  Yuk, Tingkatkan Produktivitas Karyawan Dengan Cara Ini

Seluruh strategi dan implementasi mengelola perbedaan generasi akan kami kupas di one day public training kami yang berjudul :

Leveraging Generation Gap To Build High Performance Team

Jangan sampai kita terjebak dengan pola pemadam kebakaran dan kuasai prinsip dan tekniknya agar produktivitas dan perfoma kerja meningkat.

Untuk info lebih lanjut, hubungi 021-29-400-100 dan 082-111-999-022 atau klik bit.ly/kubikleadershipseries

 

Andra Donatta
Personal Development Coach

Keep Sharing & Inspire Your Lovable Friends