Sibling Leadership Melatih Jiwa Kepemimpinan

 

Kubik Leadership / Innovate For Impact

Saya punya cara untuk melatih dan mendidik jiwa kepemimpinan (leadership) anak-anak saya. Salah satu contohnya adalah secara berkala saya berpesan kepada mereka “bapak minta tolong kepadamu, tolong bantu kakak/adik mu dalam hal ini/itu karena bapak melihat kamu punya kelebihan dan kekuatan untuk melakukannya.”

Atau setiap saya hendak pergi ke luar kota, saya berpesan kepada anak laki-laki saya “bapak mau ke luar kota, meski kamu bukan yang tertua di rumah ini tetapi kamu anak laki-laki, jadi kamulah yang bertanggungjawab menjaga semua yang ada di rumah selama bapak tidak ada.” Meski saya perginya hanya satu atau dua hari, pesan ini tidak penah saya lupakan.

Memasangkan dan memberi tanggungjawab anggota keluarga untuk menjaga, membantu dan mengembangkan saudaranya yang lain inilah yang saya sebut sebagai sibling leadership. Selain mengakrabkan, mendekatkan, melatih kepedulian dan tentu juga melatih tanggungjawab serta kepemimpinan sang anak. Apalagi sebagai ayah saya menyadari bahwa waktu saya lebih banyak mencari nafkah dan di luar rumah sehingga tidak mungkin pengembangan anggota keluarga hanya menjadi tanggungjawab saya.

Secara informal, sibling leadership juga bisa diterapkan di perusahaan. Kita memasangkan satu dengan yang lain untuk saling menjaga dan mensupport satu dengan yang lainnya. Ini di luar mekanisme struktural yang sudah ada. Bahasa gaulnya, mereka menjadi soulmate satu dengan yang lain. Dalam bahasa profesionalnya mereka adalah partner sukses satu dengan yang lain.

Sibling leadership ini bisa berjalan efektif karena memang rentang usia yang tidak terlalu jauh antara satu dengan yang lain. Gaya bahasa, cara pandang, dan model pendekatannya lebih mudah diterima antara satu dengan yang lain. Saya sudah merasakan manfaat dan dampaknya. Sebagai orang tua dan CEO tugas saya menjadi lebih ringan untuk mengembangkan SDM dengan hasil yang jauh lebih baik. Silakan dicoba….

  Karyawan Menolak Perubahan, Apa Saja Penyebabnya? (Part 1)

 

Jamil Azzaini
CEO Kubik Leadership

 

Informasi training, coaching dan consulting: hubungi 021-29-400-100 atau 082-111-999-022

Subscribe Inspirasi Leadership Jamil Azzaini di Youtube Channel Kubik Leadership

Keep Sharing & Inspire Your Lovable Friends