Shinkansen Leader

By Jamil Azzaini, Direktur Kubik Group

Pekan ini saya roadshow memberikan seminar ke Dubai, Kuwait dan Oman. Setiap saya roadshow ke mancanegara, entah mengapa ingatan saya selalu ke Jepang. Ya, tahun 2012, saya pernah roadshow memberikan training di beberapa kota di Jepang. Saya menempuh jalan darat dari satu kota ke kota lain, jarak yang sangat jauh bisa ditempuh dalam waktu singkat dengan menggunakan kereta cepat, shinkansen.

Kehadiran Shinkansen yang punya rata-rata kecepatan 300 km per jam memang mengubah peta perkeretaapian di dunia. Dulu, gerbong kereta api ditarik oleh lokomotif yang berada di depan, sehingga kecepatannya sangat tergantung dengan lokomotifnya. Shinkansen bisa mempunyai kecepatan 2 hingga 3 kali lebih cepat dibandingkan kereta api cepat lainnya karena di lokomotifnya ada di setiap gerbong.

Era yang berubah begitu cepat saat ini, berimbas kepada banyak perubahan di dunia bisnis dan kepemimpinan. Apabila seorang leader hanya seperti lokomotif dalam kereta cepat yang biasa maka ia akan tertinggal. Seorang leader tidak boleh lagi menjadi pemimpin yang super dimana banyak hal tergantung pada dirinya. Ia tidak boleh menjadi lokomotif sendirian.

Di era distruptive seperti saat ini, seorang leader wajib menciptakan lokomotif di setiap gerbong. Ia wajib memberdayakan setiap anggota timnya menjadi “lokomotif’  di masing-masing pekerjaannya. Dengan cara ini, kecepatan kerja akan semakin meningkat. Bukan hanya itu, rasa kepemilikan setiap orang akan semakin meningkat sehingga mengurangi banyak kesalahan. Sebagaimana shinkansen sejak diluncurkan hingga sekarang, akurasi waktunya sangat tepat. Keterlambatan paling tinggi adalah 18 detik. Ingat ya, detik bukan menit apalagi jam.

Gaya kepemimpinan telah berubah, bersegeralah menjadi pemimpin model shinkansen yang bisa bergerak cepat dan bisa melakukan banyak hal. Semua atau sebagian besar aktifitas Anda memberikan IMPACT bagi tim. Dan Anda mampu menggerakan setiap anggota tim melakukan ACTION yang mempercepat terwujudnya target-target tim Anda. Ya, shinkansen leader punya ciri: IMPACTION (berdampak dan menggerakkan orang untuk action).

  Inilah Tips Untuk Tetap Produktif Dalam Bekerja di Bulan Puasa

Mau menjadi pemimpin model shinkansen? Segera ikuti training Kubik Leadership Training: IMPACTION, pada 16-17 Juni di Ritz Carlton Kuningan Jakarta. Hubungi, 082-111-999-022 atau 021-29-400-100.

 

Subscribe Video Motivasi Jamil Azzaini di Youtube Channel Kubik Training

Keep Sharing & Inspire Your Lovable Friends