Seni Leadership: Quick Wins

 

Kubik Leadership / Innovate For Impact

Apabila Anda menjadi pemimpin baik dalam bisnis maupun kehidupan sehari-hari, Anda perlu memasukkan quick wins menjadi salah satu prinsip untuk menyemangati orang yang Anda pimpin. Quick wins itu artinya hasil atau capaian jangka pendek. Orang yang sudah lama tidak punya prestasi, ia akan terdemotivasi. Orang yang sudah lama tidak punya karya, ia akan merasa semakin tak berdaya. Dalam suasana seperti ini, seorang leader wajib mendorong quick wins kepada mereka.

Selama saya menjadi CEO di Kubik Leadership, saya sering mengajak diskusi atau ngobrol dengan para manager dan supervisor. Bila ada Kubikers (panggilan untuk karyawan di perusahaan kami) yang demotivasi atau merasa tak berdaya, saya memotivasi dan menginspirasi para pimpinan itu agar mereka menciptakan atau menghadirkan quick wins kepada karyawan tersebut. Prestasi-prestasi kecil atau jangka pendek yang diapresiasi itu membuncahkan energi dan kepercayaan diri.

Begitu pula saat saya mendidik anak. Saya selalu menghadirkan quick wins untuk putra putri saya. Setiap pencapaian yang terlihat dan terukur meski kecil dan sederhana saya beri apresiasi dan mendorong mereka untuk terus meningkatkan prestasinya. Seorang anak yang memiliki banyak quick wins akan semakin percaya diri.

Quick wins itu akan memunculkan rasa bahagia dan kebanggaan sehingga memunculkan kepercayaan diri untuk terus melangkah dan bertumbuh. Dan begitu Anda mampu menghadirkan quick wins kepada orang-orang yang Anda pimpin maka Anda perlu memberi tantangan yang lebih menantang kepada orang tersebut agar mereka terus naik kelas. Quick wins hanyalah upaya jangka pendek untuk menjaga dan menguatkan kepercayaan diri anggota tim.

Anda tetap perlu fokus untuk pencapaian-pencapaian besar. Namun ingatlah, untuk mencapai hal-hal besar, Anda perlu menghadirkan quick wins kepada anggota tim Anda. Boleh tahu, apa quick wins yang ingin Anda hadirkan khususnya untuk anggota tim Anda yang loyo dan kurang berdaya?

  Training Kepemimpinan di Adira 29-30 Juni 2015

 

Jamil Azzaini
CEO Kubik Leadership

 

Informasi training, coaching dan consulting: hubungi 021-29-400-100 atau 082-111-999-022

Subscribe Video Motivasi Jamil Azzaini diĀ Youtube Channel Kubik Training

Keep Sharing & Inspire Your Lovable Friends