Seni Leadership: Prinsip 101 Persen

 

Kubik Leadership / Innovate For Impact

Bagi Anda pegiat leadership tentu tahu John C Maxwell. Selain mengenalkan 5 level kepemimpinan yang sangat populer, ia juga menulis banyak buku, salah satunya Winning With People. Di dalam buku tersebut ia mengenalkan banyak prinsip, salah satunya Prinsip 101:  Temukan satu persen yang kita sepakati dan curahkan 100 persen usaha kita untuk yang satu persen tersebut.

Menurut saya, prinsip ini sangat tepat digunakan untuk membangun sinergi dan kebersamaan. Terjadinya gesekan dan pertentangan di kantor, baik antar individu, antar bagian, antar departemen atau antar divisi karena mereka fokus kepada perbedaan, bukan fokus kepada persamaan. Meski jumlahnya persamaan atau kesepakatan jumlahnya hanya satu persen apabila 100 persen energi kita dicurahkan untuk hal itu akan berdampak pada sinergi yang saling menguatkan.

Saya juga yakin dengan istilah irisan dalam bidang matematika. Ada sesuatu yang kita memiliki banyak persamaan dengan orang-orang di sekitar kita. Fokuskan kepada persamaan tersebut. Jaga ucapan dan tindakan kita agar tidak merendahkan atau melecehkan pihak lain. Apalagi yang dilecehkan dan direndahkan adalah soal keyakinan atau agama orang lain itu akan sangat merusak prinsip 101 persen ini.

Dalam dunia bisnis dan kehidupan, prinsip 101 persen ini sangat tepat diaplikasikan bila Anda bekerjasama atau bersinergi dengan pihak lain. Termasuk apabila Anda ingin membangun team work yang solid.

Coba Anda rinci beberapa persamaan atau kesepakatan dengan sahabat Anda, tim Anda, dan orang-orang di sekitar Anda. Setelah itu berkomitmenlah 100 persen untuk fokus dan mengarahkan semua energi kepada persamaan dan kesepakatan tersebut. Rasakan dampaknya 101 hari kemudian. Selamat mempraktekkan.

 

Informasi training, coaching dan consulting: hubungi 021-29-400-100 atau 082-111-999-022

Subscribe Video Motivasi Jamil Azzaini di Youtube Channel Kubik Training

Keep Sharing & Inspire Your Lovable Friends