Seni Leadership: Jadilah Pemimpin Yang Unik dan Penuh Kejutan

 

Kubik Leadership / Innovate For Impact

Dunia berubah begitu cepat, termasuk di bidang leadership. Apalagi di kantor sekarang sudah ada tiga generasi yang sudah mulai menduduki jabatan strategis. Ada generasi baby boomers (lahir sebelum tahun 1960), Gen X (lahir 1960-1980), dan Gen Y (lahir 1980-2000). Seorang leaders (pemimpin) yang tidak bisa beradaptasi dengan fakta yang terjadi hanya akan menjadi pimpinanĀ  bukan pemimpin.

Dari diskusi saya dengan beberapa pakar, para leader di era sekarang wajib memiliki dua hal yang menonjol yaitu unik dan punya banyak kejutan. Unik berarti sang leaders perlu ciri khas khusus gaya kepemimpinannya, orisinil dan jarang dimiliki orang lain. Seorang leader yang hanya punya kemampuan rata-rata dan tidak memiliki keunikan, di era sekarang akan segera tenggelam. Coba renungkan, apa tiga ciri khas leadership yang melekat pada diri Anda?

Hal kedua yang wajib melekat pada diri seorang leader adalah penuh kejutan. Banyak hal-hal baru yang dimunculkan dan dilakukan. Kita tidak boleh terjebak pada rutinitas harian. Biarkan pekerjaan-pekerjaan rutin dikerjakan oleh anggota tim.

Kejutan dalam strategi, kejutan dalam keputusan, kejutan dalam eksekusi wajib berani dilakukan oleh seorang pemimpin. Dunia berubah begitu cepat dan wajib ditangani secara cepat dan tepat. Jadi, waspadalah apabila Anda tidak pernah membuat “kejutan” maka Anda perlu bersiap untuk terkejut karena ternyata kinerja perusahaan terus melorot.

Apabila unsur keunikan dan unsur kejutan tidak ada dalam diri Anda, bersiaplah Anda keluar dari kompetisi karir, kompetisi bisnis dan boleh jadi kompetisi kehidupan. Anda sudah sangat layak “dimuseumkan.”

 

Jamil Azzaini
CEO Kubik Leadership

 

Keep Sharing & Inspire Your Lovable Friends