Seni Leadership: Ambidextrous Leader

 

Kubik Leadership / Innovate For Impact

Istilah ambidextrous saya dapatkan dari artikel yang ditulis oleh Charles A. O’Reilly III and Michael L. Tushman, dalam tulisan ini ia mengenalkan istilah ambidextrous organization. Maksud dari ambidextrous organization adalah organisasi yang selalu melakukan inovasi akan tetapi tidak meninggalkan atau mengabaikan bisnis yang ada (existing business).

Di era yang berubah begitu cepat, perusahaan memerlukan para pimpinan atau leader yang memiliki kemampuan ambidextrous, tetap mampu mengembangkan bisns yang ada sekaligus mampu menciptakan bisnis baru yang profitable. Untuk itulah, para pemimpin atau leader saat ini wajib memiliki tiga keahlian sekaligus yaitu: managerialship, leadership dan entrepreneurship.

Managerialship adalah kemampuan menyusun perencanaan, anggaran, penempatan karyawan, memonitoring, dan memecahkan berbagai tantangan yang terjadi di organisasi. Saya sangat yakin, sebagian pemimpin atau leader di berbagai bisnis di Indonesia memiliki kemampuan ini karena hal inilah yang sering dijadikan fokus mengangkat seorang pemimpin. Begitu dominannya aspek ini hingga John Kotter pernah berkata “banyak perusahaan over manage”.

Leadership adalah tentang kemampuan memberikan arah, menjaga keseimbangan tim, menyelaraskan orang, memompa energi dan memotivasi anggota tim. Banyak perusahaan yang mengabaikan aspek ini, sehingga dalam pesannya John Kotter tentang managerialship dan leadership ini berkata “banyak perusahaan over manage tetapi under lead.” Bahasa sederhananya “banyak membuat aturan tetapi miskin sentuhan.” Padahal orang Indonesia lebih senang “sentuhan.” Hehehehe

Entrepreneurship adalah tentang keberanian membuat terobosan, inovasi dan hal-hal baru yang dibutuhkan untuk mempercepat laju bisnis. Orang-orang ini tidak mau terjebak status quo dan terjebak rutinitas. Para pimpinan atau leader wajib mengelola bisnis seperti miliknya sendiri. Beberapa ahli menyebutnya kemampuan ini disebut intrapreneurship.

  Bayar Hutangmu

Memadukan kemampuan tiga ship ini; managerialship, leadership dan entrepreneurship menjadikan sang leader atau pemimpin ini disebut dengan ambidextrous leader. Sistem perusahaan rapi, orang-orang di dalamnya mendukungnya dan memiliki banyak terobosan bisnis yang menantang. Pemimpin atau leader yang dibutuhkan di era sekarang. Setuju?

Jamil Azzaini
CEO Kubik Leadership

 

Informasi training, coaching dan consulting: hubungi 021-29-400-100 atau 082-111-999-022

Subscribe Inspirasi Leadership Jamil Azzaini di Youtube Channel Kubik Leadership

Keep Sharing & Inspire Your Lovable Friends