Oleh Jamil Azzaini, Direktur Kubik Group

Akhir-akhir ini kami diminta memberikan beberapa paket training, coaching dan consulting yang sebelumnya belum pernah ada. Apa itu? Membekali dan mendorong peserta untuk mau dan bersedia menjadi pemimpin puncak di perusahaan tersebut. Kami tentu heran, kenaikan jabatan yang dulu dirindukan banyak orang saat ini justeru dihindari.

Melihat fenomena ini, kami melakukan diskusi intensif, meminta bagian riset and development Kubik untuk melakukan kajian secara mendalam. Ternyata terdapat sebuah fenomena yang disebut sebagai “Leadership Readiness Gap”, yaitu kesenjangan antara potensi seorang kader pemimpin perusahaan dengan kesiapannya untuk memimpin. Temuan kami menujukkan bahwa banyak pemimpin yang ternyata tidak siap memimpin. Hal ini setidaknya ditunjukkan oleh tiga hal.

Pertama, perusahaan pada skala korporasi, saat ini banyak yang mengalami hambatan dalam kaderisasi pemimpin puncak. Dimana kader pemimpin yang telah lama disiapkan di level menengah, ternyata tidak siap jika harus menduduki posisi puncak perusahaan tersebut. Mereka galau, tidak siap dan cenderung menghindar saat didorong untuk menjadi pemimpin puncak.

Kedua, pada kepemimpinan level menengah, kendala yang sama juga terjadi, dimana pemimpin level dibawahnya, tidak siap untuk menggantikan posisi kepempimpinan di atasnya. Bukan karena tidak ada kaderisasi tetapi ternyata kaderisasi yang dilakukan tidak mampu menjawab perubahan dramatik yang sedang terjadi saat ini.

Ketiga, para pemimpin bisnis pada perusahaan level SME / UKM ternyata juga kesulitan mendapatkan kader pemimpin untuk mengisi jabatan pada level puncak dan manajerial, sehingga ownernya terus terjebak untuk menjadi pengelola perusahaan. Ngakunya pebisnis atau owner tetapi faktanya seperti tukang atau profesional biasa. Ia terpenjara oleh bisnisnya.

Perusahaan-perusahaan yang tidak waspada atas temuan kami ini akan mengalami stagnasi pertumbuhan dan kehilangan banyak momentum penting dalam bisnisnya. Bukan hanya kalah bersaing, mereka boleh jadi akan tumbang secara perlahan. Saatnya menciptakan pemimpin yang siap menghadapi perubahan yang revolusioner dan dramatik ini. Kami menyebutnya sebagai “Revoleader.”

  Menciptakan Pemimpin Andalan Perusahaan di Telkomsel

Revoleader

Apakah Anda siap menjadi revoleader?

 

Kubik Training, Coaching dan Consulting menghadirkan workshop coaching pada tanggal 15-16 September 2016 di The Park Lane, Kuningan Jakarta bagi Anda yang ingin menjadi sekaligus melahirkan REVOLEADER.

Daftarkan diri Anda segera untuk mendapatkan petunjuk praktis dan strategis dalam membentuk para leader yang siap menghadapi berbagai macam tantangan.

Informasi lebih lanjut hubungi (021) 29-400-100 atau 082-111-999-022.

Keep Sharing & Inspire Your Lovable Friends