Kami di Kubik, lama mendiskusikan ini berdasarkan fakta riil di lapangan yang dihadapi klien kami. Dan kami berkesimpulan, bahwa pemimpin yang akan siap menghadapi perubahan, adalah mereka yang memiliki 2 kemampuan.

Pertama, pemimpin yang memiliki gagasan perubahan dan berani melakukan perubahan positif yang radikal. Selain itu, yang kedua, pemimpin tadi juga harus mampu mendapatkan dukungan dari pihak-pihak terkait, untuk mewujudkan gagasan tersebut.

Sehingga kalau kita gambar dalam diagram dengan 2 sumbu, kita punya 2 sumbu:

Sumbu vertikal: kemampuan menciptakan gagasan radikal/ terobosan

Sumbu horizontal: Kemampuan mendapatkan dukungan

Kalau kita petakan, maka kita punya 4 tipe pemimpin terkait kesiapan menghadapi perubahan:[sociallocker]

  1. Pemimpin yang mengutamakan kestablilan organisasi, sehingga enggan membuat terobosan dan tidak ingin tim berubah dari apa yang dilaksanakan hari ini.
  2. Pemimpin yang kaya akan gagasan terobosan, namun belum dapat menggalang dukungan untuk mewujudkannya.
  3. Pemimpin yang mengutamakan popularitas dan dukungan tim, sekalipun tim hanya melakukan hal yang sama di tengah situasi yang menuntut perubahan.
  4. Pemimpin yang memiliki gagasan dan berani melakukan perubahan positif yang radikal, serta mampu mendapatkan dukungan dari pihak-pihak terkait, untuk mewujudkan gagasan tersebut.

Resume Kelas Revoleader

[/sociallocker]Supaya mudah, masing-masing kita beri sebutan:

No 1 kita sebut: Enduroleader

No 2 kita sebut Ideoleader

No 3 kita sebut Socioleader

No 4 kita sebut Revoleader

Tidak ada salah benar dan baik buruk dari tiap kategori tadi. Namun yang siap menghadapi perubahan dramatis di lingkungan eksternal adalah para REVOLEADER.

Bersambung ke halaman selanjutnya

Keep Sharing & Inspire Your Lovable Friends