Perencanaan SDM

Perencanaan SDM yang matang dan konsisten dijalankan akan menghasilkan SDM unggulan yang mampu meningkatkan daya saing perusahaan.

Sebuah perusahaan dapat menjadi besar tak terlepas dari peranan sumber daya manusia yang unggul dan kompeten di dalamnya. Namun untuk menciptakan sumber daya manusia dengan kualitas terbaik tidak bisa dilakukan secara instan. Harus ada proses perencanaan SDM yang sistematis agar hasilnya dapat sesuai bahkan melebihi harapan.

Sebelum mulai membuat program perencanaan SDM, hendaknya perusahaan mengetahui terlebih dahulu arah strategi bisnis yang akan dijalankan. Hal ini penting untuk memberikan acuan mengenai profil dan kebutuhan pegawai yang harus dipenuhi. Dengan demikian, kebijakan yang diambil dalam perencanaan SDM dapat selaras dengan strategi bisnis perusahaan ke depannya.

Setelah menyelaraskan dengan strategi bisnis, hal penting yang harus dilakukan selanjutnya dalam perencanaan SDM adalah mengestimasikan jumlah pegawai yang keluar (pensiun atau mengundurkan diri) untuk menentukan kebutuhan jumlah SDM di masa mendatang. Dari estimasi ini, perusahaan dapat memetakan kapan dan bagaimana sebaiknya mereka mengadakan proses rekrutmen dan seleksi.

Perencanaan SDM pada dasarnya berfungsi untuk mengidentifikasi apa yang menjadi kebutuhan perusahaan dan merancang agar prosesnya dapat diberlakukan maksimal untuk mendapatkan SDM yang berkualitas.

SDM yang berkualitas nantinya bukan hanya sekadar menjalankan apa yang menjadi tanggung jawab mereka di perusahaan. Dengan skill dan kompetensi yang dimiliki, mereka akan dapat meningkatkan daya saing perusahaan menghadapi tantangan bisnis yang semakin berat, bahkan menjadi ujung tombak bagi kesuksesan perusahaan di masa depan.

Sejatinya, SDM yang berkualitas terbentuk dari pelatihan yang terus menerus. Selama pelatihan, mereka dapat menimba ilmu dan mengasah keterampilan hingga menjadi pribadi yang unggul. Anda juga ingin mencetak para SDM unggulan di perusahaan Anda? Segera hubungi Mona di 0816-1615316 atau telepon ke 021-29400100.

  Perjalanan Dinas Ngajak Keluarga

Salam SuksesMulia!

 

 

Informasi training:  follow @kubiktraining_ dan like Kubik Training

Subscribe Video Motivasi Jamil Azzaini di Youtube Channel Kubik Training

Keep Sharing & Inspire Your Lovable Friends