”But transformational leadership ultimately becomes moral in that it raises the level of human conduct and ethical aspiration of both leader and the led, and thus it has a transforming effect on both.”

– James MacGregor Burns, Pulitzer Prize

Telah menjadi trending topik dan hangat dibicarakan selama dua dekade terakhir ini bahwa konsep kepemimpinan saat ini bergeser dari kepemimpinan transaksional menjadi kepemimpinan tranformasional. Maksudnya, kepemimpinan akan lebih efektif dengan cara mentransformasi nilai-nilai daripada jual beli nilai-nilai.

Konsep awal tentang kepemimpinan transformasional ini dikemukakan oleh Burns dan dikembangkan ke dalam konteks organisasional oleh Bernard Bass, yang menjelaskan dimana pimpinan dan para bawahannya bersama-sama berusaha untuk mencapai tingkat moralitas dan motivasi yang lebih tinggi.

Dalam hal ini, pemimpin transformasional mencoba untuk membangun kesadaran timnya membangun dan menentukan cita-cita yang besar dan moralitas yang tinggi sesuai dengan ‘values’ mereka. Dengan begitu, tim akan selalu termotivasi untuk melakukan hal yang lebih baik lagi untuk mencapai sasaran organisasi.

Yang menarik dari konsep ini pemimpin tidak lagi menjadi satu-satunya orang yang bertugas untuk memberikan visi gerakan dan kemudian mendiseminasikan kepada timnya; pemimpin justru menjadi interpreter (penerjemah) visi bersama para anggotanya untuk ditransformasikan dalam bentuk kerja nyata kolektif yang mutual.

Peranan Coaching pada Kepemimpinan Transformational

Ada empat kunci utama seorang pemimpin dalam menerapkan kepemimpinan transformasional kepada timnya. Pemimpin dituntut untuk mampu membangun kedekatan hubungan (Engagement), memberikan tantangan untuk selalu naik kelas (Encourage), meningkatkan motivasi (Energizing) dan memberikan ruang dan kepercayaan kepada tim (Empowering).

Dalam membangun kedekatan, karisma dan menjadi role model merupakan bagian yang sangat penting dalam kepemimpinan transformasional.  Namun keduanya tidak cukup untuk melakukan proses transformasi. Pemimpin perlu memberikan tantangan untuk berinovasi dan mencapai performa atau prestasi yang tertinggi dengan melatih dan memberikan dukungan motivasi kepada timnya. Yang paling menonjol, pemimpin transformasional mesti membagi dan memberikan kekuasaan sesuai dengan kapasitas kewenangan masing-masing, memberdayakan dan melakukan kegiatan mentoring kepada bawahan.

  Agar Resolusi 2017 Anda Lebih Berenergi

Hanya jika kita lihat lebih dalam, selain pada proses membangun kedekatan hubungan melalui kepemimpinan karismatik dan menjadi role model. Pada tiga kunci lainnya yaitu memberikan tantangan inovasi, tantangan mencapai prestasi tertinggi dan pendelegasian tugas tidak cukup hanya dengan Training, Mentoring serta Visioning dengan memberi inspirasi dan motivasi, tetapi dengan menerapkan Coaching treatment tersebut diatas akan menjadi jauh lebih berhasil guna.

Dapat kita simpulkan, Training – Coaching, Visioning – Coaching dan Mentoring – Coaching menjadi perpaduan yang lengkap dalam membangun tim yang loyal dan patuh, tetapi dapat bekerja dengan lebih optimal.

Karena Coaching merupakan bentuk kemitraan dengan anggota tim di dalam proses yang memprovokasi pikiran dan kreativitas untuk menginspirasi mereka memaksimalkan potensi baik secara personal maupun profesional.

Artinya, solusi untuk tim bukan diperoleh dari instruksi, evaluasi, atau nasihat dari pemimpinnya, melainkan temuan dari anggota tim itu sendiri. Meskipun tim yang bertanggung jawab untuk menemukan dan menjalankan solusinya sendiri, peran pemimpin amatlah penting. Ia harus bertanggung jawab memastikan proses dalam sesi coaching berjalan sesuai kaidah yang tepat agar mampu memfasilitasi anggota tim menemukan solusi.

Akhirnya untuk mewujudkan kepemimpinan efektif yang mentransformasi nilai-nilai di atas, COACHING adalah salah satu treatment yang tepat untuk memastikan terwujudnya pemimpin transformasional.

Jadi, SIAPKAH ANDA?

 

Atok R Aryanto

People Development Coach

 

***

Kubik Training, Coaching dan Consulting menghadirkan workshop coaching pada tanggal 15-16 September 2016 di The Park Lane, Kuningan Jakarta bagi Anda yang ingin menjadi sekaligus melahirkan REVOLEADER.

Daftarkan diri Anda segera untuk mendapatkan petunjuk praktis dan strategis dalam membentuk para leader yang siap menghadapi berbagai macam tantangan.

  Leader itu Selebriti

Informasi lebih lanjut hubungi (021) 29-400-100 atau 082-111-999-022.

 

Keep Sharing & Inspire Your Lovable Friends