Pensiun Dini

 

Pensiun dini kini menghantui PNS dan karyawan swasta di tengah situasi perekonomian nasional yang semakin sulit dan tidak menentu.

 

Pensiun dini adalah pemberhentian kerja seorang PNS atau karyawan swasta yang belum mencapai batas usia pensiun, baik atas permintaan sendiri maupun dalam rangka efisiensi perusahaan. Menurut Lovaii Navlakhi, pendiri dan pimpinan eksekutif perusahaan perencana keuangan internasional Money Matter di Bangalore, pensiun dini di beberapa negara berada pada rentang usia 45 – 50 tahun. Pada usia tersebut, tentu saja masih banyak yang bisa dilakukan seseorang jika harus mengalami pensiun dini.

Lantas, apa saja yang perlu dipersiapkan karyawan dalam menghadapi pensiun dini?

Pertama, Anda harus bebas utang. Usahakan untuk memiliki tabungan 25 kali lipat dari pendapatan yang ingin Anda capai per tahun pada usia pensiun. Misalnya, Anda ingin memiliki pendapatan 40 juta rupiah per tahun, maka Anda harus memiliki tabungan sebanyak 1 miliar rupiah. Berapa lama Anda perlu mempersiapkan dana tersebut, tergantung dari dedikasi Anda untuk mencapainya, dan seberapa cepat Anda bisa melunasi utang yang masih tersisa.

Kedua, mulailah segera. Pensiun dini seringkali tidak masuk akal bagi kebanyakan orang karena mereka tidak pernah merencanakannya secara dini. Sederhanakan gaya hidup Anda. Strategi yang paling ampuh untuk pensiun dini adalah menabung lebih banyak dan belanja lebih sedikit. Jika lebih sedikit yang Anda habiskan saat ini untuk rumah, mobil dan liburan, maka lebih banyak penghasilan yang bisa Anda gunakan di masa depan.

Ketiga, pastikan Anda benar-benar siap pensiun dini. Untuk memastikannya, lakukanlah uji coba. Hiduplah dengan ‘gaji’ pensiun yang Anda rencanakan selama 12 bulan dan lihat apakah hal tersebut benar-benar berjalan sesuai rencana. Jika dirasa masih kurang, Anda bisa menambahkan jumlah tabungan yang diperlukan selama masa uji coba tersebut, agar pensiun dini nanti Anda tidak perlu khawatir akan kesulitan masalah keuangan.

  Seberapa Tinggi Value Anda?

Untuk membantu PNS dan karyawan swasta menghadapi pensiun dini, Kubik Training telah merancang Retirement Preparation Training. Program pensiun ini sangat berguna bagi mereka yang belum memiliki persiapan dalam menyongsong masa purna baktinya. Jika karyawan di perusahaan Anda ingin mengikuti Retirement Preparation Training, silahkan menghubungi Mona di 0816-1615316 atau telepon ke 021-29400100. Salam SuksesMulia!

 

Info training: follow @kubiktraining_ dan like Kubik Training

Keep Sharing & Inspire Your Lovable Friends