Penghambat Inovasi

Oleh Jamil Azzaini, CEO Kubik Leadership

Saat ini, inovasi menjadi suatu keharusan bagi siapapun yang ingin tetap berada dalam arena kompetisi bisnis. Berhenti berinovasi berarti mati. Untuk itu, kita perlu menumbuhkan budaya inovasi di tempat kerja. Dan sebelum Anda berkomitmen menumbuhkan budaya inovasi, Anda perlu mengetahui 7 hal yang bisa menghambat inovasi.

Pertama, self centered. Orang yang hidupnya hanya fokus pada dirinya sangat sulit diajak berinovasi. Sebab inovasi sebagian besar terjadi karena kita memikirkan, merenungkan dan berinteraksi dengan orang lain.

Kedua, Mr. Right. Coba Anda perhatikan, orang yang merasa dirinya paling benar dan enggan menerima masukan hidupnya semakin usang dan tertinggal. Bukan hanya tertinggal ide dan gagasannya tetapi juga ditinggal rekan-rekannya.

Ketiga, complacent. Ada juga orang yang merasa paling ngerti, paling paham sehingga enggan belajar. Kelompok ini biasanya muncul karena merasa senior, merasa terdidik dan merasa, merasa yang lain.

Keempat, silos. Banyak orang yang bekerja karena ingin KPI-nya baik. Tercapainya KPI tentu hal yang positif namun apabila Anda hanya fokus kepada KPI itu berarti Anda berkontribusi atas terwujudnya budaya silos (kelompok, terkotak-kotak) yang bisa merusak team work.

Kelima, fear of failure. Ketakutan terhadap kesalahan membuat orang enggan melakukan terobosan. Para safety player tidak akan mengubah banyak hal. Orang yang bekerja hanya mencari “aman” pada hakektanya robot berwujud manusia.

Keenam, blame others. Hobi menyalahkan orang lain adalah hobi yang wajib disingkirkan. Sibuk mencari kesalahan orang lain itu menutup peluang terbukanya banyak hal yang baru. Energi dihabiskan untuk sesuatu yang tidak menghasilkan bahkan bisa mengundang permusuhan.

Ketujuh, comfort zone. Kehidupan yang nyaman itu impian banyak orang. Tetapi terlalu lama nyaman itu merugikan. Orang yang hidupnya terlalu lama nyaman membuat “ototnya” tidak terlatih untuk mencoba hal-hal yang baru.

  Cara INOVASI tanpa 'inovasi'

Apakah ketujuh hal tersebut di atas ada pada diri Anda? Anda di lingkungan Anda bekerja? Bila jawabnya “ada” saya yakin tidak ada prestasi-prestasi besar yang sudah Anda torehkan. Perusahaan Anda pun sedang bersiap menuju kebangkrutan. Mau?

 

Informasi training, coaching dan consulting: hubungi 021-29-400-100 atau 082-111-999-022

Subscribe Video Motivasi Jamil Azzaini diĀ Youtube Channel Kubik Training

Keep Sharing & Inspire Your Lovable Friends