Apa yang diharapkan bawahan dari seorang pemimpin? Bagaimana seharusnya pemimpin bersikap saat anak buahnya melakukan kesalahan? Apa yang harus diperbuat pemimpin saat dihadapkan pada situasi yang sulit? Mungkin itu yang ada di benak para karyawan yang saat ini memiliki posisi atau jabatan sebagai pemimpin di perusahaan.

Hal ini pulalah yang menjadi perhatian para peserta Leadership Behaviour Programme-Fundamental (LBP-F) di kantor PT. Pamapersada Nusantara, Balikpapan, pada 7-11 Oktober 2014 lalu. Peserta yang berjumlah kurang lebih 35 orang, merupakan Group Leader dengan lama kerja bervariasi. Ada yang baru masuk melalui program MT dan ada juga yang sudah bekerja lebih dari 20 tahun dengan merintis sebagai operator/mekanik terlebih dahulu.

image(1)

Peserta PAMA LBPF 7

 

Pemimpin pada dasarnya terbagi menjadi 2, yaitu pemimpin sebagai superior yang kerjanya hanya memberi perintah, selalu menyalahkan dan menjaga jarak dengan anak buahnya. Ada juga pemimpin sebagai coach dan mentor yang lebih banyak mendengarkan masukan dari anak buahnya, fokus pada solusi dan selalu memegang komitmen. Tentu saja pemimpin tipe ke-2 yang lebih disukai oleh para bawahan.

Untuk membangun keterampilan dasar sebagai coach dan mentor sebenarnya cukup mudah dan bisa dipelajari. Prinsipnya, kita perlu melihat bahwa setiap orang memiliki potensi dan sumber daya dalam dirinya. Dengan prinsip tersebut, setiap orang pasti bisa sukses asalkan dia menyadari potensi yang dimilikinya. Pemimpin harus bisa melihat hal tersebut dan memanfaatkannya untuk keberhasilan perusahaan.

image

Peserta PAMA LBPF sedang berdiskusi dalam materi Problem Solving dan Decision Making

Setelah mengikuti pelatihan kepemimpinan selama 5 hari, bekal yang didapatkan peserta untuk menjadi Group Leader di PT. Pamapersada Nusantara sangatlah banyak. Peserta yang sebelumnya belum memiliki pengalaman sebagai pemimpin, kini berkomitmen untuk bertanggung jawab dan mampu menjalankan fungsinya secara optimal dalam berbagai macam tantangan kepemimpinan yang dihadapi.

  Temukan dan Kembangkan

 

Info training: follow @kubiktraining_ dan like Kubik Training

Keep Sharing & Inspire Your Lovable Friends