Pelatihan karyawan terbagi menjadi 4 tingkatan (level) berdasarkan pada proses pembelajarannya dan impact yang dihasilkan dari proses tersebut.

Pelatihan karyawan kini diselenggarakan bukan lagi sekadar kegiatan rutin untuk menghindari kesalahan dan kecelakaan kerja. Lebih dari itu, pelatihan karyawan harus dirancang dengan sungguh-sungguh demi terciptanya sumber daya manusia yang unggul dalam menghadapi persaingan bisnis ke depan.

Sebenarnya, ada 4 tingkatan (level) penerapan manajemen pelatihan karyawan yang digunakan sebagai proses belajar oleh perusahan-perusahaan terkemuka dalam High-Impact Learning Organization Maturity Model. Adapun keempat tingkatan tersebut mencakup tahapan-tahapan sebagai berikut :

Level 1

Pada level ini belum ada bentuk pelatihan karyawan yang baku. Para manajer dan staf cenderung membimbing dan menolong satu sama lain untuk melakukan pekerjaan mereka dengan cara yang lebih efektif dan efisien. Namun, level ini tidak bisa digunakan untuk jangka panjang. Keberhasilannya pun sangat tergantung pada keterampilan dan kesediaan para pegawai senior.

Level 2

Pada level ini perusahaan membentuk sebuah divisi khusus untuk menyelenggarakan program pelatihan karyawan secara profesional. Divisi ini akan melihat dan menganalisis pekerjaan yang ada terlebih dahulu kemudian menyimpulkan bentuk-bentuk pelatihan karyawan yang sesuai dengan kebutuhan. Perusahaan berperan dalam menyiapkan segala bantuan dan perlengkapan untuk mendukung pekerjaan agar para karyawan dapat melakukan pekerjaan mereka dengan lebih efektif dan efisien.

Pelatihan Karyawan

Level 3

Pada level ini perusahaan mulai menerapkan semua variasi program-program belajar (pelatihan kepemimpinan, personal mastery, dll) yang relevan dengan kebutuhan pengembangan bisnis perusahaan. Perusahaan menyadari bahwa pelatihan karyawan ini memerlukan waktu bertahun-tahun untuk mendapatkan hasil yang siginfikan, sehingga pada level 3 perusahaan sudah membangun jalur karir jangka panjang dan program pelatihan berkelanjutan bagi setiap karyawan.

  SuksesMulia Personal Mastery Training di Bank Mandiri

Level 4

Pada level ini, perusahaan tidak lagi mengadakan pelatihan karyawan untuk memenuhi kebutuhan pekerjaan semata, namun mereka juga mempersiapkan karyawannya untuk melihat lebih jauh tentang ‘audiences’. Audiences yang dimaksud di sini akan menjadi target dan tujuan bisnis perusahaan di masa depan. Dengan menyiapkan keterampilan dan kompetensi tersebut, diharapkan perusahaan akan mampu menghadapi persaingan bisnis global yang sangat ketat.

Keempat level di atas dapat menjadi acuan, sudah sejauh mana perusahaan Anda fokus menangani pengembangan sumber daya manusia. Jika Anda ingin mencapai level 4, tentunya harus ada program pelatihan berkelanjutan yang diadakan oleh perusahaan. Kubik Training dapat membantu Anda jika ingin berkonsultasi mengenai program pelatihan tersebut.

Silahkan hubungi Mona di 0816-1615316 atau telepon ke 021-29400100.

Salam SuksesMulia!

 

 

Informasi training:  follow @kubiktraining_ dan like Kubik Training

Subscribe Video Motivasi Jamil Azzaini di Youtube Channel Kubik Training

Keep Sharing & Inspire Your Lovable Friends