Pelatihan coaching kubik training

 

Pelatihan coaching sebenarnya memiliki banyak manfaat untuk pengembangan SDM, namun ternyata masih sedikit orang yang mengetahui dengan jelas apa perbedaan antara pelatihan coaching dengan training, mentoring, consulting dan counseling. Agar manfaat pelatihan coaching dapat dirasakan secara maksimal, maka Anda perlu menyimak perbedaannya dengan jenis pelatihan leadership skills yang lain dalam paragraf berikut ini.

Training berarti kita memberikan suatu ilmu atau skill tertentu kepada audience. Mentoring lebih kepada mendampingi seseorang. Seorang mentor harus lebih expert daripada menteenya, karena mentor tugasnya mendampingi mentee dan memastikan bahwa dia memiliki skill tertentu. Consulting adalah sebuah proses dimana yang memberikan solusi adalah konsultannya. Sementara counseling biasanya lebih banyak berbicara mengenai emotional problem, kondisi dimana seseorang belum bisa bergerak maju karena dia masih terhambat oleh masalah-masalah emosionalnya.

Pelatihan coaching dalam hal ini memiliki pendekatan yang khas sekali. Coaching percaya betul bahwa solusi itu sebenarnya ada pada setiap orang. Masing-masing individu sangat berdaya untuk menemukan solusi bagi masalahnya sendiri. Jadi seorang coach tidak akan memberikan suatu pengetahuan tertentu, tetapi dia mengajukan pertanyaan-pertanyaan sehingga coachee menemukan sendiri solusi dari permasalahannya.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ketika hanya diadakan training saja dan tidak diikuti oleh pelatihan coaching, maka pengaruh training pada produktivitas karyawan hanya 22%. Tetapi, ketika seseorang diberikan training kemudian dilakukan pelatihan coaching untuk memastikan bahwa apa yang ia dapatkan dalam training benar-benar diterapkan, maka pengaruhnya terhadap produktivitas karyawan bisa mencapai 88%. Maka tidak heran jika dikatakan bahwa sangat luar biasa powerful pelatihan coaching ini.

Ketika seseorang mulai melakukan coaching, ia harus betul-betul bisa membedakan saat itu ia sedang berperan sebagai apa. Karena sebagai leader, Anda akan dituntut untuk bisa menguasai semuanya. Tetapi yang perlu diperhatikan, ketika Anda berperan sebagai coach, jangan berikan solusi. Justru Anda harus menggalinya, karena Anda percaya solusi itu akan datang dari diri mereka sendiri.

  Hidupkan Semangat dan Dedikasi Karyawan dengan EnterTRAINment

Jika ingin tahu lebih jauh mengenai pengembangan SDM, Anda dapat mengikuti pelatihan coaching dari Kubik Training dengan menghubungi Mona di nomor berikut ini: (021) 29 400 100. Salam SuksesMulia!

*Diintisarikan dari wawancara dengan salah seorang expert trainer Kubik, Ferlita Sari

 

 

Info training: follow @kubiktraining_ dan like Kubik Training

Keep Sharing & Inspire Your Lovable Friends