Ngebosi

 

By Jamil Azzaini, Direktur Kubik Group

Salah satu yang paling dibenci oleh karyawan adalah punya pimpinan yang “ngebosi.” Beberapa  ciri utama pimpinan yang ngebosi adalah hobinya memerintah, sering merendahkan orang lain dan ingin serba dilayani. Sayangnya, banyak orang yang “ngebosi” ini sering tidak sadar diri padahal anggota timnya sudah benci setengah mati.

Seorang pemimpin sejati bukanlah seorang yang hanya berbekal keputusan komisaris, SK pengangkatan atau mandat dari orang lain. Pemimpin sejati dibuktikan dengan banyak hal, salah satunya kesediaan anggota timnya secara suka cita mewujudkan apa yang sudah disepakati bersama. Dan ini bisa terjadi bila pimpinan itu tidak “ngebosi.”

Pimpinan yang “ngebosi” itu memang nyebelin. Mereka yang menjadi pimpinan “ngebosi” ini bukan berarti ia tidak mengerti ilmu manajemen. Boleh jadi ia malah jebolan sekolah atau kuliah jurusan manajemen. Apa yang kurang? Menurut pengamatan saya kekurangan utamanya adalah karena ia tidak memiliki kemampuan leadership.

Seorang pimpinan perlu punya dua senjata utama yaitu kemampuan managerialship dan kemampuan leadership. Dulu kami punya client yang membanggakan diri telah menggunakan jasa konsultan luar negeri dan proses managementnya sudah mendapat sertifikat ISO. Tetapi client saya heran, “mengapa orang-orangnya hanya rata-rata, tidak kreatif dan sulit bergerak cepat?”  Ya, salah satu sebabnya, mereka hanya membanggakan aspek managerialship dan lupa membangun sisi leadership.

Setelah kami bantu sentuh sisi leadershipnya, roda perusahaan berputar lebih cepat, target-target yang menantang bisa diwujudkan, terjadi penghematan puluhan milyar rupiah dan yang lebih penting, sebagian besar karyawan bekerja dengan jiwa tidak seperti robot berwujud manusia.

Mari jadi bos yang bukan hanya dicintai anggota tim tetapi mampu menghidupkan tim, menggerakkan tim dan membuat anggota tim happy saat bekerja serta sangat menikmati pekerjaan yang diberikan kepada mereka. Mau tahu caranya? Segera gabung di Kubik Leadership Training: Impaction pada 16-17 Juni di Ritz Carlton Kuningan, hubungi 082-111-999-022 atau 021-29-400-100

  Karir Anda Ingin Cepat Naik? Ini Tips Jitunya!

 

Subscribe Video Motivasi Jamil Azzaini di Youtube Channel Kubik Training

Keep Sharing & Inspire Your Lovable Friends