“Innovation is not the result of chance, it’s the result of action. It’s not a thing to wait for. It’s a thing to do.” – Phil Mckinney, former CTO Hewlett-Packard (HP)

Menyalakan Kreativitas Karyawan dengan Gamification

Jika dalam beberapa tahun yang lalu, Anda dapat melihat siapa saja yang akan menjadi kompetitor Anda, kini tidak lagi. Perubahan yang terjadi begitu cepat mengakibatkan segala hal sangat sulit diprediksi, apalagi di era disruptif ini dimana kompetitor yang muncul jauh lebih baik, lebih kuat dan lebih cepat dari sebelumnya.

Riset menunjukkan bahwa perusahaan dengan budaya inovasi yang kuat menghasilkan laba 750% lebih tinggi dibandingkan yang tidak (John Kotter & John Heskett, Harvard Business School). Untuk itu, para leader perlu membudayakan terciptanya inovasi di perusahaan mereka, tidak hanya tentang produk dan jasa, tetapi juga sistem atau proses.

Cara membangun budaya perusahaan ini salah satunya bisa dengan Gamification. Prinsip gamification sendiri adalah mengaplikasikan elemen-elemen dan prinsip-prinsip permainan ke lingkungan non-permainan untuk memotivasi manusia dan mengubah perilaku manusia.

Menyalakan Kreativitas Karyawan dengan Gamification

Untuk membantu para leader mengeksplorasi gagasan-gagasan dalam membangun budaya inovasi dengan gamification, pada tanggal 3 November 2016 yang lalu di Hotel Ritz Carlton, Kuningan, Jakarta, Kubik Leadership menyelenggarakan workshop interaktif strategis dimana para peserta dapat mempraktikkan metode tersebut secara langsung.

Sebenarnya, ada 5 langkah yang dapat dilakukan leader untuk membuat inovasi melalui gamification, yaitu:

  1. Menetapkan target & batu loncatan
  2. Mendefinisikan perilaku
  3. Merancang gamification
  4. Melibatkan anggota tim
  5. Mengukur keberhasilan dan pelajari

Menyalakan Kreativitas Karyawan dengan Gamification

Dengan memasukkan berbagai unsur permainan dan karakter yang menarik, para peserta yang berjumlah 107 orang diajak untuk berpetualang melalui imajinasi dan kreativitas mereka. Di setiap sesi para peserta diberikan tantangan untuk mengisi gameboard dengan berbagai tugas yang diberikan. Gameboard terbaik yang mendapatkan bintang terbanyak menjadi pemenang.

  SuksesMulia Inspirational Session Dan Communication Skill BPJS Kesehatan

Di akhir acara, kelompok yang berjumlah 14 orang saling beradu kecepatan dan ketepatan dalam menjawab soal-soal yang diberikan. Ini untuk menguji sejauh mana pemahaman mereka tentang materi yang diberikan.

Para peserta begitu bersemangat menjawab soal bahkan sampai ada yang naik ke atas meja dan bersorak gembira ketika mendapat nilai tertinggi. Peserta merasa bahwa penyelenggaraan workshop ini sangat berkesan dan banyak momen yang tidak terlupakan.

 

Informasi training, coaching dan consulting: hubungi 021-29-400-100 atau 082-111-999-022

Subscribe Video Motivasi Jamil Azzaini di Youtube Channel Kubik Training

Keep Sharing & Inspire Your Lovable Friends