Mentalitas Yang Harus Dimiliki Pemimpin: Keberanian

 

Leaders, keberanian adalah salah satu sikap yang harus dimiliki seorang pemimpin. Saudara yang paling dekat dari naluri kepemimpinan adalah keberanian. Pemimpin sejati selalu merupakan seorang pemberani sejati.

Dua keberanian yang harus dimiliki seorang pemimpin, yaitu keberanian yang didukung oleh fisik dan keberanian yang didukung oleh iman atau keyakinan.

Pertama, keberanian fisik adalah keberanian yang didapat dari pengayaan pemahaman serta kecerdasan yang terus diasah dan diuji. Keberanian semacam hanya didapat dari latihan-latihan dan ujian-ujian, pemimpin yang tidak pernah diuji melalui situasi yang sulit bahkan teramat sulit akan berbeda kadar keberaniannya menghadapi permasalahan dan tentu beda kadar kepemimpinannya.

Kedua, keberanian iman atau keyakinan. Adalah keberanian yang muncul karena Anda telah memiliki keyakinan yang dengan keyakinan tersebut Anda percaya bahwa permasalahan yang pada realitanya besar ternyata kecil saja dalam benak, bahwa cita-cita yang realitanya jauh dan panjang ternyata dekat saja dalam jangkauan tangan kita jangkauan langkah kaki kita, jika kita memiliki keyakinan. Keyakinan bahwa tim Anda adalah mereka yang memiliki potensi terbaik dan segala sumber daya yang Anda miliki adalah solusi yang dapat Anda optimalkan.

Leaders,
Dua keberanian inilah yang akan menjadikan Anda mampu menghadapi segala macam persoalan, keberanian ini yang menjadikan Anda seorang reformer bagi orang yang Anda pimpin.

Nasihat Umar Bin Khattab dapat menjadi pelajaran bagi kita, mengajarkan bagaimana agar keberanian dapat tumbuh dalam jiwa, “Ajarkanlah sastra kepada anak-anakmu, karena itu dapat mengubah anak yang pengecut menjadi pemberani.”

 

Eko S. Nugroho
Gembira Berdaya Bisa!!

Keep Sharing & Inspire Your Lovable Friends