Seandainya suatu ketika Anda tersesat di dalam hutan dan Anda harus keluar dari hutan tersebut dalam waktu 1 jam. Lalu tanpa sengaja, Anda bertemu dengan seseorang yang dapat membantu Anda dengan 2 alat bantu yang ia miliki, yaitu Kompas dan Jam Tangan. Namun, Anda diminta untuk memilih satu di antara kedua alat bantu tersebut. Lantas, manakah yang akan Anda pilih? Kompas atau Jam Tangan?

Kedua alat bantu tersebut merupakan simbolisasi dalam fungsi kepemimpinan. Kompas berfungsi untuk menentukan arah, sedangkan jam tangan berfungsi untuk menyusun target dan memberi batas waktu pencapaian. Yang utama sekali perlu dimiliki tentu saja sebuah Kompas, karena tanpa arah yang jelas akan sulit bagi seorang pemimpin dalam menjalankan fungsi kepemimpinannya dan mencapai tujuan bersama. Tidak hanya itu, seorang pemimpin juga harus mampu mengatur, mengarahkan, mengorganisasi orang lain, dalam hal ini para pengikutnya untuk melakukan aktivitas tertentu secara sukarela dengan menggunakan otoritas yang dimilikinya. Baru setelah itu pemimpin dapat memberikan target atau capaian hasil tertentu kepada mereka.

Training Perusahaan

Coach Fauzi sedang menjelaskan tentang Prinsip Keseimbangan

Oleh karena itu, seseorang yang hanya menggunakan otoritasnya saja ketika memimpin, hanya dapat disebut sebagai pimpinan, bukan pemimpin. Seorang pimpinan jika tanpa otoritas dan posisi yang dimilikinya, biasanya tidak akan mampu mengatur para pengikutnya, karena mereka hanya melihat dan mengakui berdasarkan posisinya semata. Hal ini pulalah yang disampaikan oleh Coach Fauzi Rachmanto saat penyelenggaraan Telkomsel Great People Development Program Mandatory for Manager angkatan 10 di Balikpapan.

Training kepemimpinan yang diselenggarakan tanggal 17-19 Maret 2015 ini diikuti oleh 30 orang pemimpin di level manager dari 4 area yaitu PAMASUKA (Papua,  Maluku, Sulawesi dan Kalimantan). Peserta dibekali dengan prinsip dan tools kepemimpinan serta diajak berdiskusi membahas persoalan yang dihadapi agar sepulang dari kegiatan ini memperoleh solusi yang nyata. Kegiatan GPDP kali ini merupakan kegiatan yang penuh dengan keceriaan, karena setiap perwakilan kelompok yang akan tampil ditantang untuk melakukan stand up comedy terlebih dahulu. Ini membuat suasana kemudian menjadi cair dan proses pembelajaran menjadi menyenangkan bagi para peserta. Jika Anda berminat mengikuti pelatihan kepemimpinan dari Kubik Training, silahkan menghubungi Mona di 0816-1615316 atau telepon ke 021-29400100. Salam SuksesMulia!

  Kepemimpinan Dalam Organisasi

 

Info training: follow @kubiktraining_ dan like Kubik Training

Keep Sharing & Inspire Your Lovable Friends