Menghidupkan Semangat Hidup (Tamat)

By Jamil Azzaini, Direktur Kubik Group

Di tulisan saya sebelumnya, saya sudah membahas hal pertama yang bisa membuat semangat hidup kita terus hidup. Masih ingat? Hidupkanlah “mimpi-mimpi” hidup Anda yang menantang dan bernyali setiap hari. Hari ini, saya akan melanjutkan pembahasan tersebut.

Kedua, biasakanlah melakukan satu pekerjaan disatu waktu.  Jangan biasakan melakukan multitasking alias melakukan banyak pekerjaan diwaktu yang bersamaan. Berbagai riset telah menunjukkan kerugian multitasking, salah satunya menjadikan Anda mudah lelah dan mudah terserang penyakit. Alih-alih berharap meningkatkan produktivitas ternyata multitasking justeru menurunkan produktivitas.

Saat bekerja di depan komputer maka bekerjalah, jangan “mencuri-curi” waktu bermain game atau berselancar di dunia maya.  Saat ngobrol dan bercanda dengan orang lain kerahkanlah energi Anda untuk mereka bukan disambi bermain hp, bb, iPhone dan sejenisnya.

Ketahuilah, “nyambi” itu membuat Anda cepat lelah dan kehilangan semangat. Tidak percaya? Bacalah berbagai riset dan buku yang membahas tentang hal ini, salah satunya riset yang dilakukan Jim Loehr yang telah diakui dunia. Atau baca juga di buku ke 4 saya DNA SuksesMulia (Gramedia). Ayo berlatihlah membiasakan diri melakukan satu pekerjaan disatu waktu.

Ketiga, bergaulah dengan orang-orang yang “berenergi” tinggi. Coba cek sahabat-sahabat Anda, apakah orang yang semangat? Atau orang yang sering mengeluh? Ingatlah, diri Anda bisa dilihat dari siapa teman-teman Anda.  Berinteraksi intensiflah dengan orang-orang yang bukan hanya saja positif tetapi juga produktif dan kontributif.

Orang yang di dalamnya melekat 3-tif (positif, produktif, kontributif) inilah yang saya sebut orang yang berenergi tinggi. Bergaul dan berinteraksilah dengan mereka.

Mulailah dari hal-hal yang sederhana, followlah akun twitter orang-orang yang berenergi tinggi. Unfollowlah akun twitter yang isinya kebanyakan keluh kesah, galau dan hal-hal negatif lainnya.  Di rumah, biasakan diri untuk tidak menghabiskan waktu di depan televisi menonton acara-acara negatif dan tak bermutu.  Waktu di rumah lebih banyak digunakan untuk menciptakan energi tinggi melalui bermain dan berinteraksi dengan orang-orang yang ada di dalamnya.

  Kekuatan Tekad Gak Cukup Untuk Berubah – Bagian 2 (Sosial dan Struktural)

Ingin semangat hidup Anda terus hidup? Cobalah praktekan tiga hal tersebut di atas.  Saya garansi, bila Anda melakukan hal itu selama 90 hari tiada henti dengan benar, kehidupan Anda akan benar-benar lebih semangat dan bergairah. Tidak percaya? Buktikan dulu dong.

 

Informasi training: hubungi Mona di 021-29-400-100 atau 082-111-999-022

Subscribe Video Motivasi Jamil Azzaini di Youtube Channel Kubik Training

 

Keep Sharing & Inspire Your Lovable Friends