Pernahkah Anda mendengar istilah active listening? Seorang leader yang baik harus menjadi pendengar aktif bagi bawahannya, ini dinamakan dengan active listening. Dalam active listening, tidak hanya menggunakan indera semata, tetapi juga melibatkan proses pikir, sikap, nilai, emosi dan perilaku.

Mendengarkan bawahan adalah bentuk perhatian dan komitmen untuk memahami orang lain. Orang akan sangat menghargai bila didengarkan. Active listening dapat mencegah meningkatnya emosi negatif, menghentikan asumsi yang salah dan membantu pendengar untuk tetap fokus saat mendengarkan lawan bicaranya.

Saat Anda melakukan active listening, ada 2 aspek yang perlu diperhatikan, yaitu verbal (penggunaan bahasa dan isi pembicaraan) dan non verbal (penggunaan bahasa tubuh, nada suara, cara bicara dan penampilan). Untuk bisa mendengar aktif, Anda perlu menaruh rasa empati terlebih dahulu dengan melihat kondisi bawahan, kemudian temukan kata kunci dari apa yang dia bicarakan dan sampaikan kembali dengan ekspresi positif agar dia tahu sedang didengarkan.

Pama 5-13 Des batch 1Pama 5-13 Des batch 2

 

 

 

 

 

 

 

Hal ini pulalah yang diajarkan kepada peserta pelatihan kepemimpinan FRIEND (Frontline Enrichment Development Programme) untuk para Group Leader dari PT. Pamapersada Nusantara pada 5-13 Desember 2014 lalu di Office Training Job site Adaro, Baru Kajang. Pada pelatihan batch 1 dan 2, peserta didampingi oleh trainer Andra Donatta dan untuk batch 3 peserta didampingi trainer Ferlita Sari.

Antusiasme peserta pada saat pelatihan berlangsung ditunjukkan dengan banyak mengajukan pertanyaan yang berbobot dan bersemangat mengikuti aktivitas dan simulasi. Salah seorang peserta mengungkapkan bahwa leadership training ini memberikannya kepercayaan diri yang dibutuhkan seorang leader, terutama saat berhadapan dengan anak buahnya. Active listening membantunya untuk mengurangi jarak dengan mereka dan berpengaruh pada meningkatnya kinerja dan produktivitas para karyawan di PT. Pamapersada Nusantara.

  SuksesMulia Inspirational Seminar di PT. Tirta Investama (Aqua Danone)

 

Info training: follow @kubiktraining_ dan like Kubik Training

Keep Sharing & Inspire Your Lovable Friends