Ujung tombak adalah sebuah perumpamaan yang ditujukan bagi para frontliner, karena merekalah pintu pertama terjadinya interaksi antara perusahaan dengan customer. Kesan pertama dimulai ketika proses interaksi keduanya terjalin, bahkan tidak jarang puas atau tidaknya pelanggan terhadap sebuah layanan perusahaan dimulai dari para frontliner. Begitupun halnya dengan Bank Rakyat Indonesia. Bank Pemerintah pertama di Indonesia ini bertekad untuk meraih MRI tingkat nasional, oleh karenanya bersama dengan Kubik Training pada 13-14 Desember 2014, Kantor Cabang Khusus BRI menyelenggarakan SuksesMulia STAR Employee Training.

Memberi Lebih Dari Yang Diterima

Sesi bersama trainer Jami Azzaini

Kegiatan ini dibuka oleh Bapak M. Soleh Abdullah selaku Kepala Bagian di Kantor Cabang Khusus BRI. Selama dua hari, sebanyak 61 orang peserta mendapatkan pembekalan dari 2 orang trainer Kubik yaitu Sjaiful Hamdi Naumin dan Jamil Azzaini. Bersama dengan trainer Sjaiful Hamdi Naumin, peserta mendapatkan pembekalan tentang 3 prinsip menjadi STAR Employee atau seseorang yang mampu menjadi sosok outstanding performer di pekerjaannya. Ketiga prinsip tersebut menyebutkan bahwa seorang STAR akan memperjuangkan kehidupan terbaiknya, bahwa menjadi STAR dimulai dari pola pikir dan bahwa kita semua memiliki sumber daya untuk menjadi seorang STAR.

Pada hari kedua bersama dengan trainer Jamil Azzaini, peserta diberikan pembekalan mengenai prinsip keempat yaitu ‘Memberi lebih dari yang diterima’. Berdasarkan Hukum Kekekalan Energi yang berbunyi: “Energi di dunia ini bersifat tetap, tidak akan diciptakan lagi dan tidak akan pernah hilang, yang ada hanyalah berubah bentuk” diketahui bahwa energi yang kembali pada kita, pasti sama dengan energi yang kita keluarkan. Artinya, apa yang kita usahakan dalam hidup, akan sama dengan apa yang bisa kita hasilkan. Jadi, janganlah ragu untuk memberi lebih yang diterima karena manfaatnya nanti akan kita rasakan sendiri.

Memberi Lebih Dari Yang Diterima

Peserta sedang menuliskan kartu dukungan

Ada kejadian unik pada sesi keempat dimana peserta mendapatkan pembekalan tentang cara untuk menjadi STAR. Simulasi pada sesi ini adalah simulasi 3 orang, yang mengharuskan peserta untuk berpindah tempat duduk. Akan tetapi, ketika trainer menginstruksikan kepada 3 orang volunteer untuk berpindah tempat selama 10 detik, peserta cenderung berada di tempat yang itu-itu saja, sehingga trainer pun memberikan kesempatan kedua. Namun tetap saja peserta tersebut cenderung berpindah di tempat yang itu-itu saja.

  Mengoptimalkan Kinerja Karyawan Perusahaan dengan Team Building

Di sesi terakhir pelatihan ini, sejumlah 6 orang peserta perwakilan berkesempatan untuk meneriakan deklarasi tentang apa pencapaian terbaik yang akan diraih dan dikontribusikan bagi Kantor Cabang Khusus BRI. Rangkaian acara selama 2 hari ini kemudian ditutup oleh Wakil Pimpinan Cabang Khusus yaitu Bapak Dany Cahya Rukmana. Kubik merasa bangga turut menjadi bagian dari lahirnya para STAR BRI di masa depan. Salam SuksesMulia!

 

Info training: follow @kubiktraining_ dan like Kubik Training

Keep Sharing & Inspire Your Lovable Friends