Mau Menjadi Leader Yang Lebih Kreatif? Simak 10 Tipsnya Di Sini!

 

Kubik Leadership / Innovate For Impact

Kreatifitas tidak hanya dibutuhkan dalam dunia seni saja, dalam dunia bisnis pun kreatifitas sangat diperlukan terutama oleh para leader untuk menciptakan ide-ide segar dalam mengembangkan bisnisnya ke depan.

Namun, terkadang ide-ide tersebut tidak dapat muncul begitu saja ketika dibutuhkan. Harus ada rangsangan untuk menstimulasi kreatifitas agar dapat tertuang menjadi karya yang menghasilkan.

Berikut 10 tips yang mungkin bisa membantu Anda menemukan ide kreatif dalam bekerja. Yuk simak!

  1. Mulai Hari dengan Menulis Apa yang Ada di Pikiran

Studi dari Professor Teresa Amabile dari Harvard Business School menyebutkan bahwa menulis catatan secara berkala dapat membuat Anda lebih fokus dan semakin produktif. Jadi, sediakanlah waktu beberapa menit untuk menulis meskipun hari itu Anda sedang sibuk luar biasa.

  1. Ikutlah Berbagai Kursus Kreatif di Luar Sana

Kursus kreatif bisa berupa hobi yang Anda sukai atau yang berhubungan dengan pekerjaan Anda, seperti mengedit foto atau video, membuat karya seni, desain visual dan lain-lain. Apapun jenis kursus yang Anda ambil, dapat membantu Anda menemukan cara berpikir dan pendekatan yang berbeda dalam melakukan pekerjaan Anda.

  1. Jangan Lupa Berolahraga

Terkadang di tengah kesibukan yang menggunung, Anda tidak punya waktu untuk menyempatkan diri berolahraga. Padahal, penelitian menunjukkan bahwa olahraga dapat membuat pikiran menjadi lebih kreatif. Jika memungkinkan, sediakan waktu 30 menit setiap hari untuk sekedar berlari atau melakukan yoga.

  1. Travelling ke Tempat-Tempat Baru

Tempat baru yang belum pernah Anda kunjungi dapat memberikan nuansa yang berbeda dan juga sudut pandang yang tidak bisa ditemukan di tempat-tempat Anda biasanya. Agar insting Anda tetap tajam, jelajahilah berbagai tempat yang memungkinkan Anda merasakan pengalaman baru yang belum pernah Anda coba sebelumnya.

  1. Berpikirlah Seperti Anak Kecil
  Rendy Saputra: Di Balik Strong Value KUBIK

Jangan salah persepsi, berpikir seperti anak kecil di sini bukan berarti Anda jadi bersifat kekanakan. Anak kecil melihat semua hal sebagai sebuah petualangan dan tidak ada batasan untuk kreatifitas mereka. Jadi, jangan takut untuk mengambil resiko dan bersenang-senanglah dengan pekerjaan Anda.

  1. Berkolaborasi dengan Rekan Kerja

Ruang kerja yang terbuka memungkinkan Anda untuk berkolaborasi dengan rekan kerja dari departemen atau divisi lain yang mungkin bisa menciptakan perbedaan pada hasil kerja Anda. Beberapa studi menunjukkan ruang kerja dengan kesempatan untuk kolaborasi bisa meningkatkan level produktivitas. Anda bisa menjadi orang yang jauh lebih inovatif.

  1. Lakukan Break Ketika Jenuh Bekerja

Adrian Furnman, Ph.D dalam article Pschology Today menjelaskan pentingnya memberikan break pada pikiran Anda ketika Anda sudah bekerja selama beberapa waktu. Bahkan Brian Halligan, CEO dan co-founder dari HubSpot memperbolehkan karyawannya tidur siang di tempat kerja karena ia menyakini ide bagus dapat ditemukan saat seseorang tertidur atau baru bangun dari tidur.

  1. Bergaul dengan Orang-Orang Kreatif

Lingkungan yang kreatif dapat memberikan point of view yang berbeda untuk sebuah proyek yang sudah terlalu lama Anda tangani. Lakukanlah eksplorasi karya orang lain di berbagai platform seperti instagram atau hadirilah acara dimana orang-orang kreatif berkumpul dan memamerkan hasil karya mereka.

  1. Buatlah Doodle di Buku Notes Anda

Apakah Anda tipe orang yang suka berpikir visual? Jika ya, Anda akan merasa kesulitan mengeluarkan kreatifitas ketika ide-ide Anda dibatasi. Membuat doodle atau coretan di buku notes dapat membantu Anda menyalurkan ide kreatif yang mungkin sudah memenuhi kepala Anda.

  1. Mendengarkan Musik Saat Bekerja

Jangan pilih musik dengan perubahan ekstrim pada speed atau liriknya karena dapat mengganggu konsentrasi Anda. Pilihlah jenis musik ambient yang alunannya dapat mendorong Anda menjadi lebih kreatif.

  4 Cara Membangun Tim Yang Siap Memenangkan Kompetisi

Demikian 10 tips agar Anda bisa menjadi leader yang lebih kreatif dan inovatif menciptakan ide-ide baru dalam bisnis dan pekerjaannya. Kalau Anda, sudah melakukan yang mana saja? 🙂

Keep Sharing & Inspire Your Lovable Friends