Manfaatkan Celah Generasi

 

Oleh Indrawan Nugroho, Co-founder Kubik Group

Saya telah menjadi konsultan dan trainer dalam bidang kepemimpinan dan pengembangan diri karyawan selama lebih dari 17 tahun. Selama itu pula saya mendengar keluhan terkait betapa sulitnya menghadapi atasan atau mengelola anggota tim yang berbeda generasi. Jelas memang tidak mudah. Cara kerja setiap generasi berbeda-beda. Pola pikir dan filosofi kerja mereka juga berbeda. Wajar jika muncul berbagai kendala bahkan konflik yang dipicu oleh berbagai perbedaan tersebut.

Berkaitan dengan hal itu, saya justru ingin mengajukan sebuah cara pandang yang berbeda. Menurut saya, alih-alih sebuah masalah, perbedaan generasi itu justru sebuah aset yang sangat berharga. Jika kita mampu memainkannya dengan baik, maka segala perbedaan yang saat ini kita selalu posisikan sebagai penghambat (liabilities), justru bisa menjadi daya ungkit yang mampu mendongkrak kinerja perusahaan, bahkan menjadi penentu kemenangan perusahaan di tengah kompetisi pasar yang mengganas.

Kok bisa? Jelas bisa. Setiap generasi memiliki keunggulannya sendiri-sendiri. Demikian juga situasi dan tantangan pekerjaan di perusahaan juga berbeda-beda. Bayangkan jika kita bisa mengalokasikan setiap tantangan untuk digarap oleh karyawan yang datang dari generasi yang memiliki keunggulan dalam mengatasi tantangan tersebut. Asyik bukan?

Itu baru jika mereka bekerja sendiri-sendiri. Bagaimana jika mereka bersinergi? Bayangkan satu tim yang terdiri dari multi generasi dimana setiap anggotanya menjadi pengungkit keberhasilan anggota tim lainnya. Si Baby Boomer menggerakkan tim dengan kerja keras dan kedisiplinannya. Si X membangun tim dengan entrepreneurship dan kemampuan problem solvingnya. Si Y mengembangkan tim dengan teknologi dan kreativitasnya. Saya yakin tidak ada yang tidak mungkin dicapai oleh tim ini.

Terdengar terlalu bagus untuk jadi kenyataan? Kenapa tidak? Tentu semua itu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Namun dengan kejelian, kesabaran dan strategi yang tepat saya percaya itu bisa diwujudkan. Bagaimana strateginya? Nah ini yang seru. Sayangnya quota kata di tulisan ini terlalu pendek untuk saya gunakan menjawab pertanyaan tadi. Hehehe.

  Memimpin Lintas Generasi

Jadi saran saya, ikut saja Public Training “Leveraging Generation Gap To Build High Performance Team” yang akan diselenggarakan oleh Kubik Leadership pada hari Rabu tanggal 5 April 2017 di Hotel Intercontinental Midplaza. Di pelatihan itu Anda akan dapatkan banyak insight, strategi dan taktik jitu memanfaatkan celah generasi untuk mendongkrak produktivitas karyawan di perusahaan Anda.

Segera cari informasinya di www.kubik.co.id dan daftarkan diri Anda sebelum tiketnya sold-out!

Keep Sharing & Inspire Your Lovable Friends