Belakangan ini, semakin banyak perusahaan yang sadar akan kebutuhan seorang coach untuk memaksimalkan potensi karyawannya, karena itu mereka mulai mengikutsertakan karyawan mereka dalam pelatihan coaching. Dahulu istilah coach hanya digunakan dalam dunia olahraga, namun sejak tahun 60-an di Amerika, orang-orang mulai mengadopsi model coaching dalam dunia kerja. Manfaat pelatihan coaching sendiri adalah untuk membantu seseorang mencapai tujuan dalam hidupnya. Seorang coach tidak dilihat sebagai expert yang serba tahu dan mempunyai jawaban terhadap semua masalah, tetapi justru coachee sendirilah yang paling tahu jawaban akan kebutuhannya sendiri. Coach hanya tinggal mengajukan pertanyaan yang tepat agar coachee memiliki kepercayaan diri dan keberanian untuk mencapai hasil yang sebelumnya tidak pernah diraih.

Hal ini pulalah yang menjadi alasan Telkomsel mengadakan Coaching Training batch 12 yang diselenggarakan 6-7 April 2015 di Slipi, Jakarta. Pelatihan ini diikuti oleh 21 orang peserta yang berasal dari berbagai daerah, seperti Surabaya, Yogyakarta, Solo, Bali hingga NTB. Sesi pertama diawali dengan materi Introduction: Leader As A Coach yang disampaikan oleh coach Dodi Rustandi. Sesi kedua dilanjutkan dengan materi Feedback. Peserta mendapatkan kesempatan untuk melatih teknik memberikan feedback dan diberikan tantangan untuk memberikan feedback kepada anak buah maupun rekan sejawat mereka. Setelah diberikan kesempatan untuk melatih kemampuannya, para peserta menjadi semakin paham dan mampu menginternalisasikan pengetahuan yang mereka dapatkan mengenai feedback dan coaching.

Di sesi terakhir, peserta diperkenalkan dengan Situational Coaching Model. Dari sini peserta mendapatkan insight bahwa coaching dapat dilakukan dalam situasi informal, tidak mesti dalam situasi formal saja. Coaching juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan media komunikasi seperti telepon, tidak mesti bertatap muka. “Training yang luar biasa. Akan lebih efektif bila semua karyawan Telkomsel mengikuti training ini,” ujar Sany Angkasa, Manager Youth Community Analysis Area II. Jika Anda berminat mengikuti pelatihan dan pengembangan SDM dari Kubik Training, silahkan menghubungi Mona di 0816-1615316 atau telepon ke 021-29400100. Salam SuksesMulia!

  Toyota Astra Motor Core Competencies Training

 

Info training: follow @kubiktraining_ dan like Kubik Training

Keep Sharing & Inspire Your Lovable Friends