Manfaat Buddy Program Untuk Meningkatkan Produktivitas Karyawan

 

Kubik Leadership / Innovate For Impact

Bagaimana pengalaman Anda berada di lingkungan yang baru? Bila lingkungan wisata mungkin itu menjadi tantangan, tetapi bagaimana bila di lingkungan pekerjaan? Kalau saya, awalnya ada perasaan takut, canggung, tidak percaya diri, grogi dan tentu berakibat pada kesalahan, pemborosan serta perasaan malu. Hal-hal itu bisa dikurangi atau bahkan dihilangkan apabila ada seorang buddy.

Apa itu buddy? Menurut Oxford Dictionaries, buddy adalah pertemanan kooperatif yang mana antar individu dipasangkan dan salah satunya bertanggungjawab atas yang lainnya. Bahasa sederhananya, karyawan atau orang yang baru dipasangkan dengan yang lebih senior dan berpengalaman. Orang yang mendampingi orang yang baru inilah yang disebut buddy.

Untuk perusahaan yang melakukan rekrutmen masal, sangat saya anjurkan mencanangkan buddy program. Pilih karyawan senior yang baik dan berpengalaman untuk menjadi buddy karyawan baru. Sang buddy tidak berperan seperti pimpinan, ia lebih seperti kakak asuh. Ia berperan seperti sahabat, penasehat dan informan.

Karyawan baru, ibarat orang buta yang berada di tempat yang baru. Tentu mereka sangat senang apabila ada yang menuntun, memberi petunjuk, menginformasikan hal-hal yang penting, sekaligus ada orang yang bisa dijadikan partner bercerita. Saya menjadi paham, mengapa saat Nabi Muhammad saw hijrah ke Madinah, hal prioritas yang ia lakukan adalah mempersaudarakan kaum pendatang (Muhajirin) dengan penduduk asli Madinah (Anshar).

Karyawan baru memperoleh banyak manfaat. Perusahaan juga mendapatkan banyak manfaat. Salah satu riset yang diunggah oleh SHRM.org menyatakan bahwa produktivitas karyawan meningkat 18 persen dengan program buddy ini. Bukan hanya itu, kecepatan kerja juga lebih tinggi dan karyawan baru lebih kerasan serta bertahan lebih lama di perusahaan.

  Mencetak Para Pemimpin Bisnis Yang Inovatif

Bagi sang buddy, manfaat yang diperoleh juga cukup banyak. Begitu besar manfaat menjadi buddy ini hingga University of Wiconsin Milwaukee pada tahun 2012 melakukan riset dan kajian tentang hal ini. So, apabila ada buddy program di kantor Anda, mendaftarlah untuk dipilih menjadi salah satu buddy di program tersebut. Anda memperoleh banyak manfaat.

 

Jamil Azzaini
CEO Kubik Leadership

 

 

Informasi training, coaching dan consulting: hubungi 021-29-400-100 atau 082-111-999-022

Subscribe Video Motivasi Jamil Azzaini diĀ Youtube Channel Kubik Training

Keep Sharing & Inspire Your Lovable Friends