Manajemen Sumber Daya Manusia

Manajemen sumber daya manusia diperlukan untuk meningkatkan efektivitas sumber daya manusia dalam organisasi.

 

Menurut Anda, bagian manakah yang memiliki tugas paling penting dari sebuah perusahaan? Apakah itu bagian sales? Atau mungkin finance? Atau malah bagian administrasi?

Semua bagian tentu memiliki tanggung jawab dan fungsinya masing-masing di dalam perusahaan, namun yang paling berperan penting bagi manajemen sumber daya manusia yang ada di dalamnya tentulah bagian HRD. Mereka memiliki tugas strategis untuk mengatur manajemen sumber daya manusia sehingga bisa dikelola dengan baik dan menjalankan operasional perusahaan hingga tercapai segala tujuan yang diinginkan perusahaan.

SDM adalah aset yang luar biasa bagi perusahaan. Sebuah perusahaan tanpa manajemen sumber daya manusia yang baik tidak akan dapat mencapai tujuannya bagaimanapun kerasnya usaha mereka. Ketika para pemimpin perusahaan sedang memikirkan mengenai rencana strategis dari perusahaan yang berhubungan dengan bagaimana cara untuk mengoptimalkan tenaga dan produktivitas dari para karyawan, maka diperlukan manajemen sumber daya manusia untuk memastikan agar karyawan bisa bekerja dengan seefisien mungkin dan mencapai hasil yang memuaskan.

Dalam sebuah organisasi atau perusahaan besar yang memiliki ratusan bahkan ribuan tenaga kerja, manajemen sumber daya manusia memiliki peran penting. Manajemen sumber daya manusia sendiri merupakan suatu proses yang menangani beberapa permasalahan terkait tenaga kerja baik pegawai, karyawan, atau manajer supaya aktivitas yang dilakukan menunjang pencapaian target dan tujuan organisasi atau perusahaan.

Peran ini akan sangat terlihat ketika masih dalam proses perekrutan, evaluasi dari kinerja pegawai, program-program pelatihan untuk meningkatkan kualitas pegawai dan juga pemutusan dari hubungan kerja. Ketika proses ini, bagian yang memiliki peran dalam manajemen sumber daya manusia akan memberikan nasehat yang sesuai sehingga pimpinan dapat mengambil keputusan yang tepat sasaran.

  Program Training Karyawan Pama Agustus 2015

Sebenarnya ada 4 fungsi utama manajemen sumber daya manusia yang membuat keberadaannya menjadi sangat penting artinya dalam sebuah perusahaan. Berikut adalah penjelasan mengenai 4 fungsi tersebut:

1.       Fungsi Perencanaan (Planning)

Perencanaan sangat dibutuhkan dalam manajemen sumber daya manusia dalam rangka mengantisipasi sekaligus menentukan strategi yang tepat selama pelaksanaan program kerja agar dapat mencapai visi, misi dan tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.

2.       Fungsi Pengorganisasian (Organizing)

Fungsi ini bertugas memastikan semua pihak dapat bekerja secara efektif dan efisien agar target benar-benar tercapai. Tidak heran bila fungsi ini menjadi salah satu dari fungsi utama manajemen sumber daya manusia.

3.       Fungsi Pengarahan (Directing)

Fungsi ini bertujuan agar semua pihak bekerja dan aktif berpartisipasi sesuai dengan bidang tugas yang diberikan. Kegiatan yang dilakukan termasuk pemberian arahan dan motivasi kepada semua tenaga kerja supaya dapat bekerja secara produktif dan penuh dengan kesadaran tinggi.

4.       Fungsi Pengawasan (Controlling)

Fungsi ini bertugas mengevaluasi tingkat pencapaian target berdasar indikator yang sudah ditetapkan sebelumnya. Dengan keberadaan fungsi pengawasan ini diharapkan dapat meminimalisir masalah yang dapat menghambat pencapaian target organisasi.

Dari keempat fungsi utama manajemen sumber daya manusia di atas, terkadang ada beberapa kendala dalam pelaksanaannya. Untuk itu, diperlukan bimbingan dan arahan dari ahli agar manajemen sumber daya manusia dapat berjalan sesuai dengan rencana yang ditetapkan.

Jika Anda membutuhkan penjelasan lebih lanjut mengenai manajemen sumber daya manusia dan aplikasinya dalam perusahaan, Anda dapat menghubungi Mona di 0816-1615316 atau telepon ke 021-29400100. Salam SuksesMulia!

 

 

Informasi training:  follow @kubiktraining_ dan like Kubik Training

Subscribe Video Motivasi Jamil Azzaini di Youtube Channel Kubik Training

Keep Sharing & Inspire Your Lovable Friends