Pengembangan SDM kubik training

Berbagai masalah yang muncul di perusahaan seringkali disebabkan oleh manajemen sumber daya manusia dan kepemimpinan yang buruk. Hal ini tentu saja akan mengganggu kinerja dan produktivitas karyawan yang berada di dalamnya. Kondisi tersebut dapat diminimalisir dengan cara memberikan pelatihan coaching kepada para pemimpin perusahaan, agar mereka dapat mengelola karyawan yang dipimpinnya hingga mampu mengatasi masalah yang ada.

Solution focused coaching adalah sebuah metodologi coaching yang lebih berorientasi pada outcome yang diinginkan oleh klien, bukan fokus terlalu dalam pada masalah yang sedang mereka hadapi. Pada umumnya dalam sebuah proses coaching di perusahaan, katakanlah seorang manajer yang mengeluhkan hubungan dia dengan atasannya yang semakin memburuk, yang dilakukan oleh seorang coach biasanya menggali lebih dalam tentang masalah yang dihadapi oleh manajer itu. Apa yang menjadi penyebabnya, apa dampaknya bagi kinerja dan produktivitas karyawan, dan lain-lain. Padahal, ketika kita fokus terlalu dalam pada masalah, justru akan semakin menjauhkan kita dari solusi yang ingin diperoleh.

Inilah sebabnya solution focused coaching menjadi sangat penting dalam manajemen sumber daya manusia. Karena, dengan berorientasi pada outcome, maka sesungguhnya kita tidak perlu menghabiskan banyak waktu hanya untuk mempelajari dan menganalisa masalah. Seorang coach yang menggunakan solution focused method hanya tinggal mengajukan suatu pertanyaan kepada kliennya, misalnya kepada sang manajer tadi: Apa yang sesungguhnya diinginkan oleh manajer itu?

Coach bersama-sama dengan kliennya akan mendefinisikan outcome yang diinginkan, sebuah kondisi di masa yang akan datang yang ingin diwujudkan oleh klien. Misalnya, sang klien ingin memiliki hubungan yang lebih baik dengan atasannya. Hubungan baik yang seperti apa? Definisikan secara clear apa yang diinginkan oleh klien tersebut. Setelah jelas, dari situ coach akan bekerja bersama-sama dengan klien untuk menemukan alternatif-alternatif solusi yang bisa dilakukan secara langsung oleh klien dalam mewujudkan outcome yang diinginkan.

  Pengembangan SDM di PT Universal Tekno Reksajaya 10 Desember 2015

Dengan cara ini, waktu yang dibutuhkan untuk proses coaching menjadi jauh lebih cepat, prosesnya juga jauh lebih simple, dan tentu saja hasilnya konkret dan tepat sasaran. Itulah alasan mengapa kami di Kubik Training menggunakan solution focused method sebagai dasar dari metodologi coaching yang kami berlakukan untuk semua klien-klien kami. Jika ingin tahu lebih jauh mengenai pengembangan SDM, Anda dapat mengikuti pelatihan coaching dari Kubik Training dengan menghubungi Mona di nomor berikut ini: (021) 29 400 100. Salam SuksesMulia!

 

 

Info training: follow @kubiktraining_ dan like Kubik Training

Keep Sharing & Inspire Your Lovable Friends