Beberapa waktu lalu, tepatnya tanggal 11 November 2015, tim dari Kubik Coaching meluncurkan sebuah buku bertajuk “Corporate Heroes, Be The Heroes Your Company Needs” dalam acara Annual Corporate Heroes yang berlangsung di Hotel Ritz Carlton, Jakarta. Buku ini ditulis oleh 5 orang pandawa Kubik Coaching yang terdiri dari Indrawan Nugroho, Fauzi Rachmanto, Atok R Aryanto, Ferlita Sari dan Dewi Ashuro. Kubik Coaching sendiri adalah bagian dari Kubik Group yang secara khusus bergerak dalam bidang coaching training.

Annual Corporate Heroes

Dari kiri ke kanan: Atok R Aryanto, Ferlita Sari, Fauzi Rachmanto, Dewi Ashuro, Indrawan Nugroho

Hal yang mendasari pembuatan buku ini adalah adanya keinginan untuk menyampaikan gagasan besar bahwa dalam meningkatkan value sebuah organisasi, perlu ada transformasi yang harus dilakukan oleh seorang pemimpin. Dari seorang pemimpin yang Super Leader menjadi Empowering Leader. Mereka tidak hanya dituntut untuk mampu menerapkan coaching dalam memimpin dan mengembangkan sumber daya manusianya, tetapi juga harus memiliki mental dan perilaku layaknya seorang coach.

Buku ini merupakan sarana yang tepat untuk membantu mempermudah pemahaman dan menuntun para Corporate Leader menjadi seorang coach. Seluruh konsep dalam buku ini dapat digunakan oleh Corporate Leader, entah itu sebagai Manager atau Kepala Departemen di business unit, Kepala Divisi di head office, atau mungkin di jajaran eksekutif.

Annual Corporate Heroes

Tidak hanya mudah dibaca, tetapi buku ini memiliki keunikan yang tidak ditawarkan oleh buku-buku lainnya yang membahas topik yang sama. Buku ini memiliki konsep “Why, What dan How to do” yang dirangkum menjadi tiga fungsi.

Pertama, sebagai peta atau gambaran untuk melihat mengapa coaching dibutuhkan, serta surga dan neraka yang akan didapatkan apabila tidak dilakukan. Kedua, sebagai aturan dasar (role). Buku ini menyajikan konsep dan alur berfikir yang sederhana sehingga memudahkan Anda dalam mempelajari “what to do”, mengetahui dan memahaminya secara garis besar. Ketiga, sebagai alat bantu (tools). Dalam buku ini diuraikan berbagai cara dan metode, serta langkah-langkah yang dapat Anda gunakan sebagai alat bantu, serta situasional yg perlu dipahami untuk dapat menembus berbagai keterbatasan dalam menjadi Corporate Heroes.

  Menyiapkan Gen Y Menjadi Pemimpin

Buku ini menghadirkan kesempatan bagi Anda untuk menjelajahi alasan mengapa harus melakukan coaching, substansi dari prinsip-prinsip coaching dan teknik yang berorientasi pada solusi (solution focused coaching). Anda akan mempelajarinya melalui tools yang sederhana dan efektif, sehingga dapat digunakan untuk berlatih dengan praktis seolah Anda yang mengalaminya sendiri.

Yang terakhir, jangan langsung percaya dengan setiap kalimat yang ada pada buku ini, tetapi buktikan pada diri Anda sendiri. Siapkan waktu untuk mencoba tools dan metodologi seperti halnya Anda seorang pemula, dan jalani semua tahapan yang disarankan.

Maka, bacalah buku ini dari awal hingga akhir, nikmati isinya, renungkan, diskusikan dan praktikkan dalam lingkungan kerja Anda sehari-hari. Jika perlu selalu bawa buku ini untuk referensi dalam memulai langkah Anda, kemudian beranikan diri untuk mengambil langkah besar dan konsisten dalam meraih sukses sebagai Corporate Heroes.

 

 

Informasi training:  follow @kubiktraining_ dan like Kubik Training

Subscribe Video Motivasi Jamil Azzaini di Youtube Channel Kubik Training

Keep Sharing & Inspire Your Lovable Friends