Lakukan Hal Ini Agar Hidup Anda Semakin Bertumbuh (2)

 

Kubik Leadership / Innovate For Impact

Di tulisan sebelumnya saya sudah menyampaikan pentingnya lag indicator. Meski sudah lebih terarah dan jelas apa yang hendak dicapai saat kita menerapkan lag indicator, namun hal itu tidaklah cukup. Kita perlu menindaklanjutinya dengan lead indicator. Pengertian sederhana dari lead indicator adalah kegiatan terukur yang paling berdampak untuk tercapainya sasaran dalam lag indicator.

Lead indicator menekankan pada proses yang menjamin tercapainya target atau sasaran. Oleh karena itu, lead indicator memenuhi beberapa persyaratan. Pertama, prediktif yang akurat, artinya apabila kita mengubah lead indicator maka lag indicatornya akan berubah. Hukum sebab akibat yang pasti dan terukur berlaku di lead indicator ini.

Lebih mudahnya, lead indicator adalah kegiatan yang wajib kita lakukan demi terwujudnya lag indicator. Contohnya, menaikkan penjualan hingga 40 persen di semester pertama tahun 2107. Ini adalah contoh lag indicator. Lead indicatornya adalah aktifitas apa saja yang wajib kita lakukan agar harapan itu terwujud. Misalnya, mendatangi 4 orang pelanggan baru setiap hari maka aktifitas ini wajib dilakukan tanpa ada kompromi. Sebab, apabila kita lalai dan tidak mendatangi 4 pelanggan baru maka target kenaikan penjualan 40 persen tidak tercapai.

Mengapa banyak orang sudah menetapkan ingin menurunkan berat badan tetapi gagal? Salah satu penyebabnya karena mereka tidak menetapkan lead indicator, atau boleh jadi mereka menetapkan lead indicator tetapi tidak disiplin menjalankannya. Orang-orang yang berhasil dalam hidup adalah mereka yang fokus dan disiplin menjalankan lead indicator.

Kedua, dalam kendali diri. Lead indicator yang kita buat wajib dalam kendali kita bukan kendali orang lain. Dengan demikian, kita punya wewenang dan kebebasan dalam menjalankan lead indicator ini. Selain itu, tidak ada alasan bagi kita menyalahkan pihak lain saat kita tidak melakukan lead indicator yang sudah kita tetapkan.

  Kebencian

Hidup itu singkat dan waktu yang tersedia juga terbatas, untuk itu, pastikanlah sebagian besar aktifitas kita merupakan lead indicator: terukur dan pasti membuahkan hasil.

 

Jamil Azzaini
CEO Kubik Leadership

 

Informasi training, coaching dan consulting: hubungi 021-29-400-100 atau 082-111-999-022

Subscribe Video Motivasi Jamil Azzaini diĀ Youtube Channel Kubik Training

Keep Sharing & Inspire Your Lovable Friends