“Pemimpin yang baik membuat rencana bisnis yang lemah berhasil, sedangkan seorang pemimpin yang lemah dapat merusak meski itu rencana terbaik.”

D. Quinn Mills

The Importance of Leadership (2005)

 

Kita saat ini berada dalam dunia yang penuh dengan ketidakpastian. Ancaman kebangkrutan di tengah kondisi ekonomi global yang terus menurun semakin terpampang jelas di depan mata. Bahkan demi efisiensi, beberapa perusahaan merumahkan sebagian besar karyawannya agar tidak mengalami dampak yang lebih besar hingga akhirnya gulung tikar.

Itulah fenomena yang dinamakan dengan VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity, Ambiguity) World. Lantas, apa yang perlu dilakukan oleh para pemimpin menghadapi situasi ini?

Kubik Leadership Training: Managerialship Vs Leadership

Pada Kubik Leadership Training – IMPACTION: Get Impact with Action tanggal 16-17 Juni 2016 yang lalu, di sesi pertama master trainer Indrawan Nugroho menjelaskan bahwa kepemimpinan bisa menjadi jawaban atas permasalahan yang sedang dihadapi oleh masyarakat di dunia. Hal ini dikarenakan kepemimpinan mempelajari bagaimana mengatasi perubahan yang cepat.

Selama ini, orang masih salah kaprah antara managerialship dengan leadership. Padahal keduanya sangatlah berbeda. Managerialship lebih kepada perencanaan dan anggaran. Sementara leadership tentang menunjukkan arah. Managerialship lebih kepada pengorganisasian dan penempatan karyawan. Sementara leadership tentang menyelaraskan orang. Managerialship lebih kepada kontrol dan pemecahan masalah. Sementara leadership tentang bagaimana memberikan motivasi.

Kubik Leadership Training: Managerialship Vs Leadership

Perbedaan tersebut masih belum banyak diketahui kebanyakan orang. Ini terlihat dari hasil survey yang digagas oleh The California Job Journal, yang menyebutkan bahwa penyebab no 1 rendahnya moral karyawan diakibatkan oleh kepemimpinan yang lemah, jauh melampaui permasalahan beban kerja dan gaji. Karena itu, di saat kondisi sulit, penuh ketidakpastian, penuh tantangan yang tak terprediksi seperti saat ini, yang lebih kuat harus ditampilkan adalah leadership, bukan managerialship.

  Pelatihan Leadership Skill

 

Informasi training: hubungi 021-29-400-100 atau 082-111-999-022

Subscribe Video Motivasi Jamil Azzaini di Youtube Channel Kubik Training

Keep Sharing & Inspire Your Lovable Friends