Kita Ini Pemimpin Atau Pimpinan?

 

Pimpinan itu beda dengan Pemimpin. Pimpinan itu jabatan struktural sementara Pemimpin itu adalah peran yang diambil. Dibawah ini adalah tiga ciri seorang pemimpin. Silakan cermati satu-persatu. Kemudian tanyakan pada diri kita sendiri: Apakah saya sudah jadi pemimpin yang sebenarnya?

Apakah kamu:

1. Tidak harus selalu benar. Kamu berupaya untuk bisa sejelas mungkin.

Banyak pimpinan yang selalu ingin dipandang benar oleh anak buahnya. Dia tidak boleh salah. Kalau ada orang lain yang berbeda pendapat, maka orang lain itu yang salah. Seorang pemimpin sadar bahwa bisa jadi dia salah, maka dia berupaya semaksimal mungkin untuk memberikan arahan yang jelas. Sehingga semua orang bisa menjalankannya dengan baik dan berkontribusi untuk bersama-sama mencari jalan yang paling benar.

2. Tidak harus berbicara paling akhir. Kamu justru ingin anggota timmu yang menyimpulkan pembicaraan.

Banyak pimpinan yang inginnya selalu dia yang menutup pembicaraan, memberikan kata akhir pada sebuah diskusi, karena itu menunjukkan otoritasnya. Sementara pemimpin meminta anggota timnya untuk mengambil peran sentral, mengeluarkan semua pendapat mereka, dan menyimpulkan hasil pembahasan.

3. Tidak berupaya untuk menunjukkan bahwa itu adalah ide kamu. Justru kamu membuat anggota timmu merasa memiliki ide itu.

Seorang pimpinan ingin selalu dilihat paling cerdas. Dia harus jadi sumber solusi. Idenyalah yang bisa membuat perbedaan. Sementara seorang pemimpin memberdayakan anggota timnya. Dia akan senang jika timnya merasa cerdas, mampu memberikan sousi dan membuat perbedaan.

Setelah baca tiga test diatas kira-kira kamu lulus gak ya?

Apa pandangan kamu tentang ketiga perbedaan antara pimpinan dan pemimpin diatas? Tulis pendapat kamu di kolom comment dibawah ya.

Indrawan Nugroho
Business Innovator
CEO CIPTA Consulting
Co-founder Kubik Group

  Lesatkan Karir Anda

PS. –>> MAU BELAJAR JADI PEMIMPIN BISNIS YANG HEBAT? Yuk ikut Kubik Leadership Training bersama saya dan Jamil Azzaini serta farid Poniman tanggal 16-17 Juni 2016 di Hotel Ritz Carlton Jakarta. Info lebih lanjut kunjungi http://www.kubik.co.id/faq/ atau hubungi 082111999022 atau 02129400100.

Keep Sharing & Inspire Your Lovable Friends