Kiat Memenangkan Kompetisi Bisnis

 

“Change is the end result of all true learning.” – Leo Buscaglia

Pada artikel “Dari Ojek Ke Gojek, What’s Next?” telah disebutkan bahwa perusahaan yang miskin inovasi dan terobosan baru, lambat laun akan tergerus oleh pesaing mereka yang lebih piawai memanfaatkan teknologi.

Berbagai perusahaan raksasa yang sudah memiliki customer loyal selama puluhan tahun bisa tumbang begitu saja dengan kehadiran start-up baru yang bermunculan bagai jamur di musim hujan. Padahal, perusahaan-perusahaan raksasa ini sama sekali tidak melakukan hal yang salah dalam bisnisnya.

Dunia hanya berubah terlalu cepat bagi mereka. Dan di tengah perubahan itu, mereka terlambat untuk mempelajari sesuatu yang baru dan akhirnya kehilangan kesempatan untuk bisa mengambil sedikit keuntungan bagi bisnisnya.

Baca juga: Pelatihan Karyawan dalam Menyongsong MEA 2015

Pesaing mereka sudah lebih dahulu mempelajari apa yang paling dibutuhkan customer di era digital saat ini. Sementara mereka masih tergagap-gagap dengan model bisnis yang lama, bahkan terkesan enggan menangkap peluang bisnis yang nyata ada di sekitar mereka.

Tidak masalah jika Anda tidak tertarik untuk mempelajari hal-hal baru terutama sekali yang berkaitan dengan bisnis Anda. Tetapi jangan salahkan siapapun jika nantinya bisnis Anda yang paling dahulu tereliminasi dari persaingan.

Bukan hal yang mudah memang jika di tengah kemapanan, kita dituntut untuk berubah mengikuti arus perkembangan zaman. Namun, ingatlah satu hal ini: mereka yang tidak mau berubah, akan dipastikan kalah dalam kompetisi.

Jadi, sudah siapkah Anda memenangkan kompetisi bisnis di era digital ini?

 

Informasi training: hubungi Mona di 0816-1615316 atau 021-29400100

Subscribe Video Motivasi Jamil Azzaini diĀ Youtube Channel Kubik Training

Keep Sharing & Inspire Your Lovable Friends