Kerjasama Tim

Kerjasama tim dalam perusahaan menjadi salah satu faktor penting bagi terwujudnya visi besar dan kesuksesan perusahaan di masa depan.

Setiap karyawan sampai jajaran pimpinan perusahaan pasti menginginkan tercapainya kesuksesan perusahaan demi kesejahteraan mereka. Namun, kesuksesan perusahaan tidak datang begitu saja dengan sendirinya. Kesuksesan akan lebih mudah diperoleh jika perusahaan memiliki orang-orang yang terbaik di bidangnya.

Orang-orang terbaik itu tidak bisa hanya bekerja sendirian. Mereka harus berkomunikasi dengan rekan kerjanya dan membentuk kerjasama tim yang solid agar mampu membawa perusahaan meraih kesuksesan yang gemilang.

Karena itu, karakter seseorang yang mampu melakukan kerjasama tim dengan baik sekarang ini menjadi fokus utama bagian HRD dalam merekrut karyawan. Sepintar apapun seseorang, ia tetap tidak akan mampu memberikan kontribusi maksimal bagi perusahaan jika tidak mampu bekerjasama dengan orang lain. Sudah banyak perusahaan yang concern dengan hal ini sehingga mereka mengikutsertakan karyawan dalam pelatihan atau training untuk menciptakan kerjasama tim yang tangguh.

Yang memiliki peranan paling krusial bagi terbentuknya kerjasama tim yang solid ini adalah para pimpinan atau manajer perusahaan. Mereka harus mampu mendelegasikan tugas kepada orang yang tepat sesuai bidang yang dikuasainya, memotivasi anggota tim untuk mencapai target, dan mencari solusi terbaik jika terjadi konflik antar anggota tim.

Lantas, apa saja kriteria yang dibutuhkan untuk menjalin sebuah kerjasama tim yang solid?

Tujuan dan komitmen yang sama

Kerjasama tim yang baik hanya dapat terjalin jika seluruh anggota memiliki semangat dalam mencapai tujuan yang sama dan rela mengesampingkan kepentingan pribadi demi kesuksesan perusahaan. Semangat ini juga harus diikuti dengan komitmen untuk bekerja semaksimal mungkin demi tercapainya tujuan tersebut. Tanpa adanya komitmen, sebuah kerjasama tim tidak akan memberikan hasil yang berarti.

  Children Mind

Setiap anggota tim memiliki andil

Kerjasama tim berarti semua anggota tim bekerja bersama-sama meraih tujuan yang sama. Jika ada anggota tim yang berpangku tangan saat rekan-rekannya bekerja akan menimbulkan konflik dalam tim tersebut. Di sinilah fungsi seorang manajer untuk menempatkan setiap anggota sesuai dengan kapasitasnya masing-masing.

Kepercayaan antar anggota tim

Setiap orang pasti memiliki keunggulan dan kelemahan yang berbeda, karena itu harus ada kepercayaan dari masing-masing anggota tim dalam bekerja. Jika anggota tim sudah saling percaya dan mau menurunkan ego pribadinya, kesuksesan perusahaan hanya tinggal menunggu waktu saja.

Semua kriteria di atas sebaiknya ada dalam tim Anda untuk membentuk kerjasama tim yang tangguh. Namun, semua hal tadi tidak dapat terjadi secara instan. Anda harus memberikan pelatihan atau training kepada karyawan secara berkala.

Jika Anda ingin mengikuti pelatihan team bulding training dari Kubik Training agar tercipta kerjasama tim yang hebat, silahkan menghubungi Mona di (021) 29 400 100 atau 0816-1615316.

 

Salam SuksesMulia!

 

Informasi training:  follow @kubiktraining_ dan like Kubik Training

Subscribe Video Motivasi Jamil Azzaini di Youtube Channel Kubik Training

Keep Sharing & Inspire Your Lovable Friends