Leadership Training

 

Perkembangan zaman saat ini terasa sangatlah pesat. Perubahan demi perubahan sangat cepat terjadi. Disebutkan pula bahwa saat ini adalah era digital dimana teknologi memegang peranan penting di hampir semua aspek kehidupan.

Kondisi seperti ini tentunya tidak hanya terasa pada diri orang per orang, tapi juga pada level yang lebih besar seperti sebuah perusahaan. Dengan kondisi perkembangan zaman seperti ini, mau tidak mau perusahaan manapun mesti bergerak lebih cepat mengikuti perkembangan teknologi serta selalu berinovasi jika tidak ingin tertinggal dan akhirnya berhenti. Terlebih lagi untuk perusahaan yang memang bergerak di bidang teknologi, seperti teknologi komunikasi.

Telkomsel sebagai salah satu perusahaan terbesar di Indonesia yang bergerak di bidang teknologi komunikasi juga menyadari betapa pentingnya inovasi bagi pertumbuhan dan pertahanan perusahaan. Tentu saja inovasi ini terjadi atau hadir dari sumber daya manusia yang juga berkualitas.

Dan ternyata inovasi yang dibutuhkan tidak hanya untuk menciptakan hal-hal yang baru, tetapi juga untuk menciptakan solusi yang inovatif dalam berbagai situasi kerja, mencoba berbagai cara yang berbeda dan baru dalam menghadapi masalah dan peluang di lingkungan kerja. Sehingga inovasi menjadi salah satu kompetensi utama di Telkomsel yang perlu dimiliki oleh para karyawannya.

Kompetensi utama lainnya adalah entrepreneurial insight, yaitu meraih peluang untuk meningkatkan bisnis saat ini dan/atau memperluas ke dalam pasar global, produk atau layanan yang baru; mengikuti perkembangan produk dan terkini yang berhubungan dengan peluang pasar dan kompetisi persaingan.

Di samping dua kompetensi utama yang telah disebutkan sebelumnya, terdapat dua kompetensi tambahan yang juga perlu dimiliki oleh insan-insan Telkomsel, yaitu planning & organizing serta facilitating change. Planning & organizing didefinisikan dengan menyusun serangkaian tindakan bagi diri sendiri dan orang lain untuk memastikan bahwa pekerjaan diselesaikan dengan efisien.

  Management Development Program di Telkomsel

Sedangkan facilitating change yaitu mendorong orang lain untuk mencari kesempatan melakukan berbagai pendekatan yang berbeda dan inovatif dalam menghadapi masalah dan peluang; memfasilitasi terjadinya penerapan dan penerimaan di lingkungan kerja. Dengan kata lain bagaimana seseorang bisa bersikap positif dalam menghadapi perubahan-perubahan yang terjadi.

Agar setiap insan Telkomsel memiliki kualitas yang baik pada tiap kompetensi-kompetensi tersebut, Telkomsel bekerja sama dengan Kubik Training mengadakan sebuah training, yaitu Great People Development Program yang ditujukan kepada para supervisor di seluruh area Telkomsel. Salah satunya dilaksanakan pada tanggal 23-25 November 2015 bertempat di Learning Center PT Telkom, Slipi, Jakarta.

Para supervisor yang tidak hanya berasal dari daerah Jakarta ini berkumpul dan belajar bersama untuk menjadi pemimpin bagi diri sendiri dan orang lain yang lebih baik lagi. Selama tiga hari dari pukul 8.30 pagi hingga pukul 17.00 sore para peserta ini dibekali dengan materi prinsip-prinsip dari Self Leadership yang dikaitkan pula dengan kompetensi-kompetensi yang harus mereka miliki selama menjadi bagian dari karyawan Telkomsel.

Tidak hanya mendapatkan materi dari trainer, para peserta juga diberikan aktivitas-aktivitas yang di dalamnya terdapat insight atau pembelajaran yang bisa diambil oleh para peserta. Aktivitas-aktivitas tersebut dinamakan experiencial learning.

Dengan aktivitas tersebut diharapkan para peserta dapat lebih memahami pembelajaran yang sedang diajarkan karena mereka pun merasakan serta mengalaminya secara langsung. Di akhir sesi pembelajaran, para peserta juga diajak untuk membuat rencana aksi dari apa yang sudah mereka pelajari.

Rencana aksi tersebut adalah aktivitas yang nantinya akan dilakukan oleh para peserta begitu kembali ke tempat kerja masing-masing, sehingga impact dari pelatihan atau training ini pun menjadi maksimal bagi peserta maupun bagi Telkomsel secara umum.

  Seminar dan Team Building Program di Telkom Group

 

 

Informasi training:  follow @kubiktraining_ dan like Kubik Training

Subscribe Video Motivasi Jamil Azzaini di Youtube Channel Kubik Training

Keep Sharing & Inspire Your Lovable Friends