Donald Trump pernah mengatakan bahwa “communication is not about telling your idea but communication is selling your idea.” Dari kutipan tersebut dapat disimpulkan bahwa dalam berkomunikasi tidak cukup hanya sebatas mentransfer pesan dari si pemberi kepada si penerima informasi. Dibutuhkan variabel tambahan agar kata-kata yang terucap dari lisan seseorang tidak hanya berfungsi sebagai sebuah informasi semata. Variabel-variebel itu adalah Influencing Others, Communication Skill, Self Confidence serta Proactiveness. Keempat variabel tersebut merupakan komponen dalam komunikasi interpersonal.

Untuk meningkatkan kemampuan interpersonal karyawan khususnya pada level supervisor, PT. Astra Honda Motor bekerjasama dengan Kubik Training mengadakan Interpersonal Skill Training angkatan ke 2. Kegiatan yang diselenggarakan pada 19-20 Mei 2015 ini diikuti 31 orang peserta. Selama 2 hari pelaksanaan, selain mendapatkan penjelasan materi dari seorang pakar komunikasi yaitu Andra Donatta, peserta juga berkesempatan mempraktekkan secara langsung ilmu yang telah didapatkan.

Pelatihan kepemimpinan kubik training

Simulasi Active Listening kepada salah satu peserta

 

Para peserta dilatih agar mampu membangun hubungan baik dengan orang yang sama sekali belum pernah dikenalnya hingga akhirnya tumbuh kepercayaan, bahkan memiliki kemampuan untuk mempengaruhi secara positif orang-orang tersebut. Berlatih dengan sparring partner merupakan hal biasa, namun berlatih tanding dengan lawan secara langsung baru luar biasa. Itulah ungkapan yang menggambarkan pengalaman para peserta dalam mempraktekkan keterampilan interpersonal.

Leadership training kubik training

Sesi foto bersama

 

Dalam proses latihan ada sebagian peserta yang berfokus pada hasil, yaitu asal target instruksi yang disampaikan oleh trainer tercapai, ia sudah puas. Akan tetapi ada sebagian lainnya yang betul-betul memperhatikan proses dan tahapan demi tahapan yang diajarkan sehingga hasil yang didapatkan pun berbeda. Jika hanya berfokus pada proses maka kita hanya sebatas mendapat hasil, namun jika fokus pada proses maka kita akan mendapatkan hasil yang berkualitas. Jika Anda berminat mengikuti pelatihan kepemimpinan dari Kubik Training, silahkan menghubungi Mona di 0816-1615316 atau telepon ke 021-29400100. Salam SuksesMulia!

  Self Leadership Training di PT Denso Indonesia

 

Info training: follow @kubiktraining_ dan like Kubik Training

Keep Sharing & Inspire Your Lovable Friends