Kekuatan Tekad Gak Cukup Untuk Berubah – Bagian 2 (Sosial dan Struktural)

 

Minggu lalu saya cerita sebuah eksperimen yang ingin buktiin kekuatan tekad ga cukup untuk berubah. Kita udah bahas dua sumber pengaruh yang penting dalam terwujudnya perubahan yaitu personal motivation dan personal skill.

Sekarang kita akan lanjutin dengan temuan eksperimen lainnya yang menunjukkan gimana sumber pengaruh ternyata membuat kita melakukan tindakan yang beda. Di temuan ketiga ini, kelompok 1 (yang berakhir jadi boros) ternyata digabung dengan sebuah grup yang sebenarnya udah disetting untuk kalap belanja dan ngajakin anak-anak lain untuk melakukan hal yang sama. Sementara kelompok 2, digabung dengan grup yang didalamnya ada anak yang berusaha berhemat dan mengajak yang lain untuk melakukan hal yang sama.

Nah teman-teman, sumber pengaruh ketiga adalah SOCIAL MOTIVATION. Kalau kita mau berubah, berdekatanlah dengan teman-teman yang dukung kita untuk berubah. Jangan habiskan waktu terlalu banyak di pergaulan yang justru bikin kita terus ada di kebiasaan lama. Sekarang coba cek teman makan siang kamu di kantor. Apakah mereka adalah orang-orang yang semangat dan obrolannya kocak cerdas? Atau justru mereka adalah orang-orang yang hobinya ngeluh dan nyinyir? Sebab kita cenderung ketularan dengan pergaulan sosial kita.

Temuan eksperimen keempat. Kelompok 2 bisa berhemat karena mereka diingatkan sama aktor yang disetting jadi bagian dari grup. Mereka bilang kalau harga di toko ini ga masuk akal dan kalau mereka mau nunggu, mereka bisa dapat lebih banyak barang di toko lain yang harganya jauh lebih murah. Kelompok 1 ga dapet info kaya gini.

Sumber pengaruh keempat disebut dengan SOCIAL SKILL. Intinya sih, kita butuh dukungan dari orang lain yang lebih ahli untuk membuat perubahan. Jadi kalau kamu mau sukses dalam kariermu, carilah orang yang udah sukses duluan di kantor, dan mintalah dia untuk jadi mentor atau coachmu. Kamu juga bisa ikut pelatihan dan belajar keahlian spesifik dari trainer yang handal di bidangnya.

  Kiat Membangun Usaha Setelah Pensiun

Temuan eksperimen lima ini menarik banget. Kelompok 2 bisa berhemat karena mereka langsung dibayar kontan dengan uang untuk pekerjaannya. Ketika belanja, dia akan ngerasain kehilangan uang itu. Sementara kelompok 1 hanya dibilang kalau uangnya ada di rekening. Kalau mereka belanja, nanti uang mereka tinggal dikurangi dan sisanya akan dikembalikan di akhir. Karena ga merasakan pain dari uang yang berkurang selama belanja, kelompok 1 jadi cenderung terus aja belanja.

Sumber pengaruh kelima adalah STRUCTURAL MOTIVATION. Sederhananya, eksperimen di atas menunjukkan kuatnya pengaruh reward dan punishment. Misal, kamu komit menguasai peraturan pajak yang penting buat kerjaan kamu, maka kamu niatin akan belajar sehari sejam full. Ketika ga terjadi, kamu dapat hukuman apa yang ngefek banget buat kamu, sementara kalau kamu berhasil, reward apa yang kamu kasih buat dirimu dan bikin kamu happy.

Terakhir, temuan keenam nih. Kelompok 1 masuk toko yang dikelilingi dengan gambar permen yang menggiurkan. Sementara kelompok 2 ga nemuin gambar seperti itu. Temuan ini berkaitan dengan sumber pengaruh terakhir yaitu STRUCTURAL SKILL. Atur setting lingkunganmu untuk mendukung perubahan. Pajang gambar atau tulisan yang mengingatkanmu pada tujuanmu. Ini akan membuatmu kembali fokus dengan lebih cepat.

Yak lengkap sudah. Jadi jangan percaya bahwa tekad aja akan membuat kamu mencapai tujuan. Jangan juga patah arang dan anggap kamunya yang lemah sampai kamu ga bisa capai tujuanmu. Perkuatlah keenam sumber pengaruh yang bisa mendukung, buatlah eksperimen yang spesial kamu susun buat dirimu sendiri, dan wujudkan perubahan yang kamu mau.

Teman-teman juga bisa baca detil penelitian dan insight-nya di buku:

Change Anything: The New Science of Personal Success karya Kerry Patterson, Joseph Grenny, David Maxfield, Ron McMillan, dan Al Switzler.

  5 Kompetensi Dasar Karyawan PT. Toyota Astra Motor

 

Dewi Ashuro
Rising Star Partner
FB Page: Career Development Program with Dewi Ashuro (@yourcareerpartner)

 

Informasi training, coaching dan consulting: hubungi 021-29-400-100 atau 082-111-999-022

Keep Sharing & Inspire Your Lovable Friends